13 Guru & Tenaga Kependidikan Ikuti Seleksi Kepala MAN IC Gorontalo

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Kementerian Agama menggelar seleksi Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Gorontalo secara online. Sebanyak 13 Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah mengikuti Tes Substantif. 

“Seleksi dilakukan secara online, karena kondisi saat ini masih suasana Covid-19, sehingga tidak memungkinkan menghadirkan peserta di satu tempat, terlebih banyak peserta yang berdomisili jauh dari MAN IC Gorontalo,” ujar Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Suyitno, di Jakarta, Rabu (12/08). 

Dikatakan Suyitno, bahwa ada sembilan titik lokasi Tes Substantif kepala MAN IC Gorontalo, yaitu: Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sumatera Utara, MAN IC Tapanuli Selatan, MAN IC Bengkulu, MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo, Kanwil Kemenag Jawa Timur, MAN IC Pekalongan, MAN IC Palu, dan Kankemenag Wakatobi. 

Ia menuturkan, tujuan seleksi ini adalah untuk mwmperoleh calon Kepala MAN IC Gorontalo yang berkualitas. "Tujuan penerimaan ini untuk menyeleksi calon kepala madrasah yang professional, kompeten, integritas dan berkomitmen pada prestasi, yang akan ditempatkan di MAN Insan Cendekia Gorontalo,” terang Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang. 

Tes digelar serentak pukul 08.00 hingga 11.15 WIB. Tes Substantif terdiri dari tes akademik Pengetahuan Agama Islam dan Moderasi Beragama, Kemampuan Bahasa Inggris dan Kompetensi Kepala Madrasah, serta Tes potensi Kepemimpinan. 

Kepala Seksi Bina GTK MA, Rusdi Batun menerangkan, bahwa yang mengikuti tes Ssbstantif adalah mereka yang lolos administrasi. Menurutnya, sebelumnnya panitia telah melakukan Verifikasi dengan System Aplikasi dan Verifikasi Manual terhadap 38 Pendaftar dengan sebaran provinsi Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, Banten, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Aceh dan Bengkulu. “Dari 13 peserta yang ikut tes Substantif, terdiri dari 11 laki dan 2 perempuan,” terang Rusdi. 

Dikatakan Rusdi, setelah mengikuti tes Substatif, peserta akan mengikuti Psikotes dan wawancara. “Untuk waktu Psikotes dan Wawancara akan diumumkan setelah diketahui hasil dari tes Substantif,” pungkasnya. 

Berikut nama 13 peserta Tes Substantif seleksi Kepala MAN IC Gorontalo: 

1. Salman Munthesal 

2. Momon Andriwinata

3. Mutiara

4. Ahmad

5. Jasmaniar

6. Syaiful Rahmat Panggabean

7. Darsono

8. Reza Faisal

9. Syarif Hidayat

10. Muhammad Mabrur

11. Rahma Sari

12. Abdul Hakim Siregar

13. Brenny Novriansyah. (p/ab)