15 Anak Tewas dalam Kebakaran Gereja di Mesir

By Nad

nusakini.com - Internasional - Setidaknya 15 anak-anak termasuk di antara 41 orang yang tewas ketika kebakaran melanda sebuah gereja Kristen Koptik di Mesir pada hari Minggu (14/8).

Gereja Abu Sefein, di distrik Imbaba kelas pekerja Giza, dipenuhi orang-orang yang merayakan Misa pagi itu, termasuk anak-anak dan orang tua mereka. Banyak anak-anak lain menghadiri kelas atau kamar bayi di lantai pertama gedung berlantai empat itu, di mana para penyelidik percaya bahwa kobaran api dimulai setelah korsleting listrik.

Kementerian kesehatan mengatakan sebagian besar kematian adalah akibat menghirup asap, dan juga terinjak-injak ketika orang-orang bergegas melarikan diri dari gereja melalui pintu keluar yang diblokir.

Menurut kerabat, pejabat gereja, rumah sakit setempat dan outlet berita Mesir, korban anak-anak termasuk kembar tiga berusia lima tahun Mohrael, Youssef dan Philopator Bassem Amir.

Ketiga bersaudara itu meninggal bersama ibu mereka Irina Atef Ramzi, 34, nenek mereka Magda Habib Nabih, 61, dan bibi mereka, Mirna Atef Ramzi, 25.

Penyanyi Miretya Emad, keponakan Magda dan sepupu Irina, meratapi mereka dalam postingan di akun Facebook-nya.

"Dengan Kristus, itu jauh lebih baik. Ingatlah kami di hadapan takhta kasih karunia," tulisnya. "Saya sekarang memiliki enam orang suci di surga."

Keluarga Miretya Emad bukan satu-satunya yang kehilangan tiga anak dalam tragedi itu.

Gadis kembar lima tahun Mariam dan Barsina Tamir Wajih dan saudara laki-laki mereka yang berusia tiga tahun Ibrahim disebutkan dalam daftar korban yang diterbitkan oleh Rumah Sakit Umum Imbaba.

Foto-foto yang diambil pada upacara pemakaman pada Minggu malam tampak menunjukkan ibu mereka berkabung di samping peti mati mereka dan mengangkat tiga jari untuk menandakan anak-anaknya.

Juga disebutkan dalam daftar korban rumah sakit adalah Karolos Aryan, 10 tahun, Mina Azmi, 13 tahun, dan Mina Fakhir, 16 tahun.

Situs berita Copts United mengatakan ibu Karolos juga meninggal. Tapi saudaranya Rami selamat.

Rami berbicara kepada wartawan tentang cobaannya dari ranjang rumah sakit pada hari Minggu. Dia mengatakan bahwa mereka bertiga pergi ke Misa bersama tetapi terpisah selama kebakaran, dan dia tidak tahu apa yang terjadi pada mereka. Rami dilaporkan diberitahu tentang nasib mereka oleh sepupunya setelah wawancara.

Media lokal juga menerbitkan kutipan dari seorang wanita yang mengatakan bahwa dia kehilangan dua anak dalam kebakaran, salah satunya bernama Mina.

"Sayalah yang membawa mereka ke Surga," kata Esnad, menjelaskan bahwa dia telah membangunkan mereka untuk pergi ke Misa. "Mina menyuruh saya pergi pada hari Rabu (17/8)," tambahnya. "Tapi saya menolak dan mengatakan kepadanya bahwa dia akan pergi hari ini."

Uskup gereja, Abdul Masih Bakhit, 50, termasuk di antara korban dewasa yang disebutkan oleh rumah sakit. Istrinya difoto di upacara pemakaman, memegangi apa yang tampak seperti bagian hangus dari jubah pendetanya. (bbc/dd)