19 Orang Di Olimpiade Tokyo 2020 Dinyatakan Positif COVID-19 di Hari Upacara Pembukaan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sembilan belas orang, tiga dari mereka tinggal di Wisma Atlet Olimpiade Tokyo 2020, dinyatakan positif COVID-19 pada hari Jumat (23/7), hari upacara pembukaan diselenggarakan.

Kasus infeksi terbaru ini termasuk tiga atlet, dua dari mereka berasal dari Republik Ceko dan satu orang Belanda. 16 sisanya adalah orang-orang yang berkaitan dengan Olimpiade, termasuk tiga kontraktor dan tiga anggota media.

Komite Olimpiade Ceko menyatakan pada hari Kamis (22/7) bahwa dua orang yang terinfeksi adalah atlet wanita volley pantai Marketa Slukova dan pesepeda Michal Schlegel. Atlet Belanda yang dimaksud adalah atlet wanita bidang olahraga Taekwondo Reshmie Oogink, menurut badan Olimpiade Belanda.

Kasus COVID-19 terus melonjak di Olimpiade Tokyo, total kasus yang terkait mencapai 106 sejak mulai dicatat pada tanggal 1 Juli. Penghitungan harian yang dilakukan oleh panitia komite ini tidak termasuk atlet-atlet dan official yang dinyatakan positif saat berlatih sebelum pertandingan di kamp pelatihan.

Kasus pertama di Wisma Atlet dilaporkan pada hari Sabtu (17/7). Orang ini dilaporkan berasal dari luar negeri.

Atlet-atlet yang diidentifikasi sebagai kontak dekat dengan kasus positif masih bisa berpartisipasi dalam pertandingan asalkan mereka mendapatkan hasil negatif enam jam sebelum dimulainya pertandingan.