5 Tips Tidur Berkualitas, Biar Tetap Sehat dan Awet Muda

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com-Salah satu permasalahan yang cukup sering ditemui namun sering juga dianggap sepele adalah kurang tidur atau memiliki waktu tidur yang tidak berkualitas. Tak heran, banyak orang mencari berbagai tips tidur berkualitas.

Dilansir dari news in health, tidur yang tidak berkualitas dapat menurunkan kinerja otak, memperburuk mood, dan pastinya menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Bukan hanya mengganggu konsentrasi dan menurunkan prioritas di pagi harinya, memiliki kualitas tidur yang buruk juga bisa memicu terjadinya diabetes, obesitas, serangan jantung, hingga kanker.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kualitas tidur supaya bukan hanya rasa kantuk yang terbayar namun juga kesehatan.

Tips tidur berkualitas

Merangkum dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, berikut tips untuk mendapatkan tidur yang berkualitas:

1. Menghindari konsumsi alkohol dan kafein

Meski tetap bisa tertidur setelah minum secangkir kopi, kandungan kafein di dalamnya dapat membuat Anda sesekali terbangun di malam hari. Dengan begini, kualitas tidur akan menurun dan mengurangi waktu tidur.

2. Tidur di kamar yang nyaman

Tempat untuk istirahat juga bisa memengaruhi waktu tidur. Jika sudah tiba waktunya, pastikan Anda langsung menempatkan diri di kamar, matikan lampu, dan temukan posisi tidur paling nyaman.

3. Melakukan hal yang menenangkan sebelum tidur

Mengistirahatkan pikiran rupanya juga menjadi kunci tidur berkualitas. Anda bisa melakukannya dengan membaca buku yang Anda suka atau melakukan latihan pernapasan. Kegiatan ini akan membuat badan Anda terasa lebih rileks dan pulas saat tidur.

4.Mematikan Alat Elektronik

Tips tidur berkualitas selanjutnya adalah mematikan alat-alat elektronik sebelum tidur. Lupakan sejenak tentang deadline atau postingan di media sosial. Dengan mematikan perangkat elektronik, pikiran akan terasa lebih rileks.

5. Membuat dan mengikuti jadwal tidur harian

Membuat jadwal tidur akan membantu meningkatkan kualitas istirahat Anda, dan melakukannya secara konsisten akan memberikan Anda perubahan terhadap kualitas produktivitas sehari-hari. Selain menetapkan waktu tidur dan bangun, Anda juga bisa melakukan pembatasan tidur siang supaya tidak mengganggu waktu istirahat Anda di malam hari.

Perlu diingat, waktu tidur yang wajar bagi orang dewasa adalah 7-8 jam setiap hari. Jadi usahakanlah untuk memenuhi durasi tersebut supaya akan terbentuk siklus tidur yang sehat dan berkualitas.(rilis)