7 Orang Tewas setelah Terjadi Ledakan dan Kebakaran di Prancis

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sedikitnya tujuh orang termasuk dua anak tewas dalam kebakaran yang disebabkan oleh ledakan besar di barat daya Prancis.

Beberapa bangunan dibakar di kedua sisi jalan di kota tepi laut St Laurent-de-la-Salanque setelah ledakan terdengar pada 01:30 waktu setempat (00:30 GMT) pada hari Senin (14/2).

Petugas pemadam kebakaran masih mencari korban di dua blok kecil rumah susun yang rusak dilalap api.

Penyebab ledakan asli belum diketahui.

Menteri Dalam Negeri Prancis Gérald Darmanin, yang mengunjungi lokasi kecelakaan pada Senin sore, mengatakan jumlah korban tewas saat ini sebanyak tujuh orang hanya sementara sementara layanan darurat terus mencari korban selamat.

"Jaksa saat ini tidak memiliki informasi penting untuk menentukan apakah ini kecelakaan atau kriminal," tambahnya.

Pemadam kebakaran wilayah Pyrénées-Orientales menghadiri tempat kejadian setelah menerima telepon menyusul ledakan di tempat komersial, yang katanya kemudian membakar apartemen di atas.

"Bangunan dirusak oleh api. Itu benar-benar panik," kata penduduk lokal Nadine Bret, 59 tahun, kepada AFP.

Menurut laporan media setempat, sekitar 20 orang terluka dalam kebakaran tersebut.

Seorang pria berusia 30-an telah dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis setelah dia melompat keluar dari jendela lantai dua untuk menghindari api.

Balai kota setempat mengatakan bahwa beberapa dari mereka yang dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran telah disediakan akomodasi.

"Hati kami tertuju pada para korban dan keluarga mereka," katanya dalam sebuah pernyataan. "Kami akan memobilisasi untuk membantu mereka sebaik mungkin dalam keadaan yang paling tragis ini." (bbc/dd)