Agensi Psy Diinvestigasi atas Kematian Pekerja Konser

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sebuah perusahaan manajemen artis yang didirikan oleh penyanyi terkenal dunia Psy telah diselidiki oleh kementerian tenaga kerja atas kematian seorang pekerja outsourcing selama pembongkaran fasilitas setelah konser Psy, kata para pejabat pada hari Kamis (25/8).

Kantor cabang kementerian Provinsi Gangwon memulai penggerebekan di kantor pusat P Nation di Seoul selatan dan subkontraktornya sekitar pukul 09:30, kata para pejabat.

Pada tanggal 31 Juli, seorang pekerja pria Mongolia berusia 20-an, yang dipekerjakan oleh salah satu subkontraktor P Nation, meninggal karena jatuh saat mengambil bagian dalam pembongkaran fasilitas panggung untuk konser pancuran air Psy, yang dijuluki "Drenched Show," di Gangneung , sebuah kota pantai timur di Provinsi Gangwon.

Diketahui, kecelakaan fatal terjadi saat pria itu bekerja tanpa peralatan keselamatan yang memadai meski cuaca hujan dan buruk.

Menurut Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Industri, pekerjaan harus dihentikan ketika cuaca sangat buruk karena hujan, salju, atau kondisi tidak stabil lainnya.

Kementerian tenaga kerja dilaporkan telah memperoleh surat perintah penggeledahan dan penyitaan dari pengadilan untuk P Nation atas tuduhan melanggar undang-undang keselamatan industri.

Kementerian juga dapat membuka kemungkinan untuk menyelidiki P Nation atas tuduhan melanggar Undang-Undang Hukuman Bencana Serius yang mulai berlaku pada Januari tahun ini, kata para pejabat.

Psy mengendalikan 60 persen P Nation tetapi perusahaan itu sekarang dipimpin oleh orang lain yang bermarga Kim. Oleh karena itu, para pejabat berspekulasi bahwa kemungkinan penyanyi itu didakwa sehubungan dengan kematian pekerja tampaknya kecil meskipun penyelidikan sedang berlangsung.

Psy, yang meraih ketenaran internasional dengan lagu hitnya "Gangnam Style" satu dekade lalu, telah kembali dengan album baru tahun ini dan mengadakan konser "Drenched Show", di mana penonton disiram air dalam jumlah besar, di Seoul, Busan, Incheon, Daegu, Gangneung, dan kota-kota besar lainnya di seluruh negeri musim panas ini. (Yonhap/dd)