Akses Langsung Tanjung Priok-Jalan Tol Bakal Terhubung

By Admin



Nusakini.com JAKARTA- Akses langsung yang menghubungkan antara Pelabuhan Tanjung Priok dengan jaringan Jalan Tol Lingkar Luar dan Dalam Kota Jakarta akan terbangun tidak lama lagi. Ini bisa jadi berdampak pada kelancaran arus transpotasi dari dan menuju pelabuhan,

Menurut Kepala Bidang Pelaksanaan II Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bambang Nurhadi, jalan tol ini akan terhubung langsung dengan fasilitas single gate alias gerbang tunggal Jakarta International Container Terminal (JICT).

"Jadi nanti tidak ada lagi truk kontainer lewat gerbang 1, gerbang 3, gerbang 9. Gerbangnya cuma satu, itu lewat akses tol yang kami bangun ini," kata Bambang.

Dengan demikian, lanjut Bambang, manajemen lalu lintas pelabuhan pun akan lebih mudah. Karena kontrol dan pengawasan hanya perlu dilakukan di satu pintu saja.

"Sebelumnya, banyak gerbang. Itu menyulitkan manajemen. Sekarang pengawasan keluar masuk lebih mudah," tambahnya.

Selain terhubung dengan fasilitas single gate pelabuhan, jalan tol ini juga berdampingan dengan fasilitas transfer kontainer dengan kereta pelabuhan. Fasilitas ini memungkinkan, kontainer yang diangkut menggunakan kereta kargo bisa dipindahkan ke truk kontainer lalu masuk ke dalam pelabuhan melalui single gate yang sama.

"Jadi jalan tol kita di atas (melayang), truk kontainer dari jalan tol bisa langsung masuk pelabuhan. Di bawahnya, ada jalan yang terhubung dengan kereta pelabuhan, jadi nanti kontainer dari kereta dipindahkan ke truk kemudian masuk juga melalui single gate," jelas Bambang.

Hal ini menjadikan manajemen transportasi pelabuhan di Tanjung Priok sudah bisa bersaing dengan manajemen pelabuhan besar seperti Singapura, Hongkong maupun Australia. (mk)