Aktris Star Trek Nichelle Nichols Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun

By Nad

nusakini.com - Internasional - Aktris Amerika Nichelle Nichols, yang terkenal karena perannya dalam serial TV fiksi ilmiah tahun 1960-an Star Trek, telah meninggal pada usia 89 tahun.

Nichols memecahkan hambatan dalam perannya sebagai Letnan Nyota Uhura dalam serial tersebut, menjadi salah satu aktris kulit hitam pertama di AS yang berperan sebagai figur otoritas.

Dia kemudian dipekerjakan oleh NASA dalam upaya untuk mendorong lebih banyak wanita dan Afrika-Amerika untuk menjadi astronot.

Dia meninggal karena sebab alami pada Sabtu (30/7) malam, kata putranya Kyle Johnson.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di Facebook, Johnson menulis: "Saya menyesal memberi tahu Anda bahwa cahaya besar di cakrawala tidak lagi bersinar bagi kita seperti yang telah terjadi selama bertahun-tahun.

"Namun, cahayanya, seperti galaksi kuno yang sekarang terlihat untuk pertama kalinya, akan tetap ada untuk kita dan generasi mendatang untuk dinikmati, dipelajari, dan mendapat inspirasi."

Serial TV Star Trek meruntuhkan stereotip pada 1960-an dengan menampilkan aktor kulit hitam dan minoritas dalam peran penting.

Nichols berperan dalam serial tersebut sebagai Lt Uhura, yang digambarkan sebagai petugas komunikasi yang kompeten dan berkepala dingin - menghancurkan stereotip.

Pada tahun 1968, dia dan bintang Star Trek William Shatner, yang memerankan Kapten Kirk dalam serial tersebut, membuat terobosan baru ketika mereka berbagi salah satu ciuman antar ras pertama di televisi - meskipun itu bukan ciuman romantis.

Namun, terlepas dari kesuksesannya, Nichols awalnya mempertimbangkan untuk meninggalkan acara tersebut. Tapi dia diyakinkan sebaliknya oleh Dr. Martin Luther King Jr., yang menggambarkan karakternya sebagai "peran non-stereotip pertama yang diperankan oleh seorang wanita kulit hitam dalam sejarah televisi".

Dia melanjutkan ke fitur dalam enam film Star Trek pertama setelah seri berakhir pada tahun 1969.

Selain bekerja sebagai aktris, Nichols juga menjadi duta besar badan antariksa AS NASA, membantu merekrut perempuan dan minoritas untuk program Luar Angkasa.

Menyusul berita kematiannya, lawan main Star Trek George Takei menulis dalam sebuah tweet: "Hatiku berat, mataku bersinar seperti bintang-bintang yang kamu tempati sekarang, sahabatku."

"Pentingnya warisan Nichelle tidak dapat terlalu ditekankan. Dia sangat dicintai dan akan dirindukan," kata sutradara TV Adam Nimoy - putra aktor Star Trek Leonard Nimoy. (bbc/dd)