Angka Kematian Covid-19 Mingguan Turun 9% Menurut WHO

By Nad

nusakini.com - Internasional - Jumlah kematian akibat virus corona turun 9% dalam seminggu terakhir sementara kasus baru tetap relatif stabil, menurut laporan pandemi mingguan terbaru yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Badan kesehatan PBB mengatakan pada hari Rabu (10/8) ada lebih dari 14.000 kematian Covid-19 dalam seminggu terakhir dan hampir 7 juta infeksi baru.

Jumlah kematian baru naik 19% di Timur Tengah, sementara turun lebih dari 70% di Afrika, 15% di Eropa dan 10% di Amerika.

Pasifik barat melaporkan lonjakan 30% dalam kasus sementara Afrika melaporkan penurunan 46%. Kasus juga turun lebih dari 20% di Amerika dan Timur Tengah.

WHO memperingatkan bahwa penilaiannya terhadap tren Covid-19 tetap dikompromikan oleh negara-negara yang menjatuhkan banyak upaya pengujian, pengawasan, dan pengurutan mereka karena sebagian besar negara telah melonggarkan kontrol pandemi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan subvarian Omicron BA.5 tetap dominan secara global, terhitung hampir 70% dari semua urutan virus yang dibagikan dengan basis data virus terbesar yang tersedia untuk umum di dunia. Badan tersebut mengatakan subvarian Omicron lainnya, termasuk BA.4 dan BA.2, tampaknya menurun prevalensinya saat BA.5 mengambil alih.

Pihak berwenang China telah mengumumkan pembatasan baru minggu ini, setelah menemukan kasus virus corona di pulau wisata Hainan dan di Tibet. Awal pekan ini, pemerintah China menutup istana Potala Lhasa, rumah tradisional Dalai Lama, dan juga mengunci Haikou, ibu kota Hainan, di samping beberapa kota lain termasuk resor pantai Sanya.

Sekitar 80.000 turis terdampar minggu ini di Sanya setelah pejabat China menyatakannya sebagai hotspot Covid-19 dan mengharuskan orang untuk dites negatif lima kali dalam seminggu sebelum diizinkan pergi.

Pada hari Selasa (9/8), pemerintah China mengirim pesawat pertama yang memuat 125 turis dari Sanya dan mengatakan penerbangan lain akan diatur untuk menerbangkan turis dalam batch begitu mereka memenuhi kriteria untuk pergi. (theguardian/dd)