Anjing yang Pernah Ditelantarkan ini Mendapatkan Penghormatan setelah Selamatkan Wanita yang Hilang

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seekor anjing bernama Baekgu ditunjuk menjadi anjing kehormatan 119 pertama di Korea Selatan setelah ia memiliki peran yang penting dalam pencarian seorang wanita lansia.

Menurut pemerintah Provinsi Chungcheong Selatan dan pihak-pihak layanan darurat, anjing tersebut diberikan gelar tersebut pada hari Senin (6/9) karena membantu petugas penyelamatan menemukan tuannya, seorang wanita lansia berusia 93 tahun pengidap dementia yang pingsan di sebuah lapangan yang berjarak 2km dari rumahnya, pada tanggal 25 Agustus.

Anak wanita tersebut, Shim, mengajukan laporan orang hilang ke polisi setelah ia tidak bisa menghubungi ibunya selama berjam-jam. Mereka kemudian memeriksa rekaman CCTV dan melihat wanita it, Kim, meninggalkan desa pada dini hari. Namun walaupun upaya pencarian dibantu dengan sukarelawan, mereka tidak bisa menemukan Kim selama hampir dua hari.

Baekgu terus menemani tuannya, bahkan memberikannya kehangatan saat hujan turun. Petugas penyelamatan pada akhirnya menemukan lokasi mereka setelah mendeteksi suhu tubuh anjing tersebut menggunakan drone dengan kamera termal. Sekitar pukul 3 sore pada 26 Agustus, 40 jam sejak Kim menghilang, sinyal panas dideteksi oleh kamera termal drone, sinyal tersebut adalah suhu tubuh Baekgu.

Petugas penyelamatan menemukan Kim di lokasi tersebut dan segera membawanya ke rumah sakit terdekat. Mereka mengatakan drone tersebut tidak bisa mendeteksi Kim karena suhu tubuhnya menurun dan saat itu hujan deras. Kim sekarang sedang dalam masa penyembuhan setelah dirawat akibat hipotermia.

"Baekgu adalah anjing terlantar yang menjadi bagian dari keluarga kami setelah kami menyelamatkannya dari serangan anjing lain pada tiga tahun yang lalu," Shim menceritakan. Ia mengaku sangat berterima kasih kepada Baekgu karena tampaknya anjing tersebut membalas kebaikan mereka.

Gubernur Provinsi Chungcheong Selatan, Yang Seung-jo juga menyampaikan terima kasih atas "keajaiban yang luar biasa" tersebut.

Pada bulan April lalu, Badan Pemadam Kebakaran Nasional Korea menerapkan peraturan yang akan mengizinkan hewan menjadi duta besar keselamatan terhormat sebagai penghargaan untuk membantu keselamatan orang lain.