Apple Hukum Pabrik iPhone di India dalam 'Masa Percobaan'

By Nad

nusakini.com - Internasional - Apple telah menempatkan pabrik iPhone di India selatan "dalam masa percobaan" menyusul protes atas keracunan makanan dan kondisi kehidupan.

Audit yang dilakukan oleh Apple menemukan bahwa ruang makan dan asrama jarak jauh yang digunakan oleh pekerja tidak memenuhi persyaratan.

Sekitar 250 wanita yang bekerja di pabrik Foxconn terkena keracunan makanan, dengan lebih dari 150 berakhir di rumah sakit, media lokal melaporkan.

Foxconn meminta maaf dan mengatakan sedang menyelidiki situasi tersebut.

"Kami sangat menyesal atas masalah yang dialami karyawan kami dan segera mengambil langkah untuk meningkatkan fasilitas dan layanan yang kami berikan," kata perusahaan Taiwan itu dalam sebuah pernyataan.

Pabrik telah ditutup sejak 18 Desember, ketika protes dimulai.

Apple belum merinci apa artinya dalam masa percobaan, tetapi di masa lalu telah menolak untuk memberikan fasilitas dalam masa percobaan kepada bisnis baru sampai masalah diselesaikan.

Seorang juru bicara Apple mengatakan: "Menyusul kekhawatiran baru-baru ini tentang keamanan pangan dan kondisi akomodasi di Foxconn Sriperumbudur, kami mengirim auditor independen."

"Kami menemukan bahwa beberapa akomodasi asrama terpencil dan ruang makan yang digunakan untuk karyawan tidak memenuhi persyaratan kami, dan kami bekerja dengan pemasok untuk memastikan serangkaian tindakan korektif yang komprehensif untuk diterapkan dengan cepat."

Pabrik iPhone, yang berjarak sekitar 25 mil (40km) dari Chennai, mempekerjakan 17.000 orang.

Kasus keracunan makanan dan protes selanjutnya juga membuat pemerintah negara bagian Tamil Nadu meminta Foxconn untuk meninjau fasilitas pekerjanya.

Tahun lalu, Apple harus menempatkan mitra manufaktur iPhone lain dalam masa percobaan setelah kerusuhan pekerja pecah atas upah yang belum dibayar di pabrik mitra dekat Bangalore.