Argentina, Chili, Uruguay dan Paraguay Ajukan Tawaran Bersama untuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030.

By Nad

nusakini.com - Internasional - Argentina, Chili, Uruguay dan Paraguay telah mengajukan tawaran bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Uruguay menjadi tuan rumah turnamen pertama kompetisi pada tahun 1930 dan mengatakan mereka ingin membawa Piala Dunia "pulang" ketika merayakan ulang tahun keseratusnya.

"Ini adalah impian sebuah benua," kata Alejandro Dominguez, presiden Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol).

Spanyol dan Portugal juga telah mengumumkan tawaran untuk menjadi tuan rumah bersama.

Uruguay mengalahkan Argentina di final untuk memenangkan Piala Dunia perdana pada tahun 1930 dan Dominguez berbicara di tempat kemenangan itu - Stadion Centenario di Montevideo.

"Akan ada lebih banyak Piala Dunia, tetapi piala itu hanya berulang kali ke-100, dan itu harus pulang," tambah Dominguez.

Chili menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 1962, sedangkan turnamen diadakan di Argentina pada tahun 1978.

"Ini tepat untuk Piala Dunia menjadi tuan rumah di mana semuanya dimulai, 100 tahun kemudian," kata Ignacio Alonso, presiden Asosiasi Sepak Bola Uruguay.

Piala Dunia 2022 akan diadakan di Qatar sementara Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah bersama pada tahun 2026.

FIFA berencana untuk memilih tuan rumah 2030 pada 2024.

Asosiasi sepak bola Inggris dan Republik Irlandia sepakat pada bulan Februari untuk tidak mengajukan tawaran untuk Piala Dunia 2030 dan sebaliknya fokus pada upaya bersama untuk menjadi tuan rumah Euro 2028. (bbc/dd)