Asosiasi Pedagang Daging Yakin Harga Daging Sapi Bisa di Bawah Rp 80 Ribu

By Admin


nusakini.com - Ketua Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Asnawi, di Jakarta, Rabu (25/5/2016) mengatakan bahwa sangat mungkin untuk memenuhi keinginan Presiden Joko Widodo, agar harga daging sapi turun hingga di bawah Rp 80.000/ kg.

Alasannya menurut Asnawi, dengan adanya intervensi pemerintah terkait persoalan harga pemerintah, bisa menekan harga pasar untuk tidak terlalu selalu bergejolak. 

"Sebelumnya kan, pemerintah tidak melakukan intervensi maka yang akan berlaku adalah hukum pasar dimana harga daging ditentukan pelaku pasar", jelas Asnawi. 

Lanjut Asnawi, pemerintah sebetulnya sudah berhasil mengendalikan harga daging, apalagi saat menjelang Ramadhan dan Lebaran. Hal ini terlihat dari stabilnya harga daging saat ini. 

"Harga rata-rata daging di tingkat pedagang eceran pada periode Januari – Mei 2016 berada di kisaran harga Rp 112.000,- per kilogram", kata Asnawi. 

Oleh karena itu pemerintah saat ini harus terus bekerja keras, konsisten dan komitmen, terhadap intervensi harga daging sapi di pasaran. 

"Kuncinya hanya itu, berapa kuatnya komitmen pemerintah dalam hal ini", kata Asnawi.(if/mk)