Automechanika 2016: Indonesia Bukukan Transaksi USD 1,1 Juta

By Admin

nusakini.com-- Perusahaan-perusahaan otomotif asal Indonesia mampu membukukan transaksi sebesar USD 1,1 juta pada pameran Automechanika 2016 di Dubai, Uni Emirat Arab. 

Pameran yang diselenggarakan pada 8-10 Mei 2015 di Dubai World Trade Center merupakan  pameran produk spareparts otomotif terbesar di Uni Emirat Arab. Pameran yang berlangsung ke- 14 kalinya ini menjadi salah satu sarana untuk mendorong ekspor produk-produk otomotif  Indonesia. 

“Pameran Automechanika 2016 ini sukses mendongkrak ekspor produk-produk otomotif  Indonesia,” jelas Kepala ITPC Dubai, Gusmalinda Sari. 

Beberapa perusahaan asing yang bertransaksi dengan perusahaan asal Indonesia, antara lain  berasal dari Afrika, Bahrain, Saudi, Iran, India, Pakistan, Afganistan, dan Oman. Bahkan, pengusaha  dari Pakistan dalam waktu dekat akan meninjau langsung ke pabrik Supreme Belting di Indonesia. 

Dalam pameran tersebut ITPC Dubai memfasilitasi dua perusahaan asal Indonesia yaitu PT. Selatan  Jadi Jaya yang membawa produk VLRA baterainya. Satu lagi yaitu PT. Buatama Metalindo yang  menawarkan produk filter udara bermerek Union untuk mobil kecil hingga truk besar. 

Selain itu, terdapat tiga perusahaan Indonesia yang mengikuti pameran ini secara mandiri. Ketiga  perusahaan ini menawarkan produk belt karet untuk otomotif (PT. Supreme Belting Indonesia), produk filter kendaraan (PT. Jimco Sukses Indonesia), dan produk rubber lining dan solid tire (PT. IRC Inoac Indonesia). 

Automechanika 2016 dikunjungi sekitar 30.000 trader dan buyer dari 119 negara. Pameran ini  diikuti oleh 2017 peserta dari 58 negara di seluruh dunia. Secara total terdapat 25 paviliun negara dan 40 International Trade Association turut meramaikan pameran ini. 

Di sela pameran berlangsung, ITPC Dubai melakukan business matching antara PT. Selatan Jadi  Jaya (SJJ) dengan salah satu buyer potensial yaitu DTHI LLC, Iran pada Senin, (9/5). Pada pertemuan tersebut Export Manager dari PT. SJJ memberikan presentasi di depan DTHI LLC yang diwakili oleh Managing Director Mr. Bijan Sheibani dan General Manager Mr. Rishi Bhojwani. 

Dalam presentasi tersebut dijelaskan profil perusahaan, jenis dan varian produk, klien, dan  peluang produk PT. SJJ di pasar Iran. (p/ab)