Babinsa Kodim 0501 Jakpus Dibekali Pelatihan Urban Farming

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memberikan pelatihan budidaya pertanian perkotaan (urban farming) kepada para Babinsa Kodim 0501 Jakarta Pusat.

Pelatihan yang dihelat dalam rangka mendukung kegiatan Pendayagunaan Koramil Model ini diikuti 28 peserta dan lima orang pendamping.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan Babinsa dalam berkegiatan pertanian di perkotaan.

“Kami mulai mengembangkan rooftop garden dan memiliki kebun bibit pertanian sebagai edukasi pertanian. Kami juga memproduksi bibit tanaman produktif. Sehingga warga yang ingin bibit secara gratis, dapat bermohon secara online maupun offline,” ujarnya

Eli menyampaikan, Dinas KPKP DKI Jakarta selalu siap memberikan pendampingan dan pelatihan pertanian perkotaan, baik itu dari segi pertanian, peternakan maupun perikanan.

“Kami persilakan untuk menghubungi Penyuluh Pertanian Lapangan dan Satuan Pelaksana KPKP di kecamatan terdekat. Apabila ingin mengembangkan usaha, kami juga ada Jakpreneur yang siap membantu dalam melakukan usaha dari awal hingga akhir,” katanya.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0501, Mayor ARH Jhon Apolani mengapresiasi Dinas KPKP DKI Jakarta yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan budidaya ini.

“Saya berharap anggota kami nantinya dapat memanfaatkan lahan yang terbatas untuk dijadikan sebagai lahan pertanian,” ucapnya.

Ia menuturkan, dalam pelatihan ini, para Babinsa diberikan pelatihan budidaya sayuran, baik secara konvensional maupun hidroponik. Tidak hanya secara teori, para peserta juga dilibatkan dalam praktik budidaya sayuran secara langsung.

“Diharapkan seluruh jajaran Kodim 0501 Jakarta Pusat dapat merealisasikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan melalui pelatihan ini,” tandasnya.