nusakini.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan akan menghadiri Boao Forum for Asia (BFA) di Hainan, Cina hingga Kamis (24/3/2016) esok. Pada acara ini, Wapres JK juga rencananya akan memberikan pidato sambutan pada sesi Opening Plenary Boao Forum for Asia 2016 bersama para pemimpin dunia lainnya. 

Boao Forum for Asia ini akan dibuka oleh Chairman BFA Yasuo Fukuda diikuti oleh keynote speech Perdana Menteri Republik Rakyat Cina Li Keqiang. BFA merupakan forum yang berdiri sejak 2001 dan ditujukan bagi negara-negara Asia dan negara berkembang lainnya guna membahas berbagai masalah perekonomian di kawasan atas dasar prinsip pembangunan bersama yang saling menguntungkan.

Seperti diinformasikan, BFA melakukan ajang promosi serta mempererat pertukaran ekonomi, koordinasi dan kerja sama antara negara-negara Asia dan dunia. Melalui jaringan politik, bisnis dan akademis, BFA diharapkan dapat menjadi forum kerja sama ekonomi yang terus berkembang bagi para anggotanya.

Dalam forum ini akan dihadiri oleh lebih dari 2.000 peserta yang terdiri dari kepala negara/pemerintahan, CEO, ahli ekonomi, dan akademisi. Tahun ini, BFA diselenggarakan dengan membahas berbagai topik, seperti reformasi keuangan dan ekonomi, perdagangan dan investasi, industri yang terkait keamanan regional, serta isu sosial budaya. (mk)