Balitbang Kementan Terus Galakkan Taman Teknologi Pertanian

By Admin


nusakini.com - Kabupaten Pacitan diharapkan menjadi inspirasi bagi model pengembangan produktivitas padi untuk lahan kering (padi gogo) di Indonesia.

Menurut Kepala Badan Litbang Kementerian Pertanian (Kementan), Muhammad Syakir, di Pacitan beberapa hari yang lalu, keberhasilan penerapan inovasi padi gogo secara rata-rata nasional kita bisa capai produktifitasnya maksimal 4 - 6 ton per hektar. 

Syakir mencontohkan, untuk Jawa Timur luas lahan keringnya mencapai 1,3 juta ha, sementara luas lahan sawahnya dibawah luas lahan keringnya yakni sebesar 1,017 juta ha. 

"Ini dapat dicontoh untuk daerah lain," jelas Syakir. 

TTP Pacitan merupakan salah satu dari 22 Taman Sains dan Teknologi Pertanian yang dibangun oleh Kementan melalui Badan Litbang pada tahun 2015 lalu. 

Sedangkan untuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, telah ditetapkan terbangunnya Taman Sains di 34 Provinsi dan Taman Teknologi di 100 Kabupaten dalam waktu 5 tahun. 

Pembangunan TTP Pacitan ini, dilakukan oleh Badan Litbang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Pacitan dan stakeholders lainnya, khususnya dari kelompok akademisi atau Perguruan Tinggi yaitu Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. 

Selain padi gogo, program utama TTP Pacitan, juga mengembangkan sapi, jagung, kedelai, kacang tanah, cabai, jeruk, dan pisang yang secara berkelanjutan melalui penerapan Good Agricultural Practices.(if/mk)