Bank Mandiri Menilai Bunga Kredit Kemungkinan Turun

By Admin

JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk  menilai ada kemungkinan terjadinya penurunan suku bunga kredit pada kuartal kedua tahun ini. Demi itu, pihaknya berharap realisasi belanja pemerintah diharapkan segera bergulir di awal tahun 2016.

Menurut DirekturKeuangan Bank Mandiri, Kartiko Wiroatmodjo, pada tahun lalu pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) memang sedikit lambat. Jika belanja pemerintah bisa lebih cepat bergulir, DPK tahun ini menurutnya bisa tumbuh lebih baik. "Semakin cepat pemerintah spending, naik itu pusat maupun daerah, maka likuiditas akan lebih longgar. Pertumbuhan DPK tahun ini lebih baik dengan likuiditas yang membaik," kata dia kepada wartawan dalam Media Briefing di Gedung Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (21/1).

Walaupun demikian, menurutnya sudah biasa jika DPK pada awal tahun tumbuh dengan lambat. Baru pada kuartal kedua, ruang untuk penyesuaian suku bunga kredit dimungkinkan bisa dilakukan. "Term deposit agak ketat, jadi tren ini baru akan melonggar pada kuartal dua. Kita tunggu sampai ada pelonggaran, baru akan disesuaikan kreditnya," pungkasnya. *