Bank Sulselbar FC Gelar Kursus Pelatih Lisensi D Nasional

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Klub Liga 3 Sulawesi Selatan, Bank Sulselbar FC bakal menggelar kursus pelatih lisensi D Nasional di Makassar, 7-14 November. Kegiatan ini merupakan kali pertama dilakukan oleh sebuah klub di Sulsel. Dihubungi nusakini.com, manajer Bank Sulselbar FC, Ari Hidayat, mengungkapkan pihaknya berinsiatif menggelar kursus ini semata agar pembinaan sepak bola di Sulsel berkembang. "Kami mulai dari level yang paling bawah. Diharapkan dari kursus ini, para pelatih bisa mendapatkan ilmu sepak bola sesuai standar untuk ditularkan kepada para pemain usia dini," kata Ari.

Pada kesempatan sama, Ketua Panitia, Ahmad Latando menambahkan, sampai hari ini sudah 30 peserta yang sudah menyatakan kesiapannya mengikuti kursus. Mayoritas asal mereka dari berbagai daerah di Sulsel. "Ada juga dari Papua Barat serta satu warganegara asing dari Sudan. Jumlah peserta ini sudah sesuai dengan kouta maksimal yang ditetapkan PSSI," kata Latando.

Menrut Latando, para peserta akan mendapatkan ilmu baik secara teori mau pun praktik. Instrukturnya adalah Marwal Iskandar, mantan pemain PSM Makassar, Persib Bandung dan Persija Jakarta yang pernah mengikuti penataran instruktur di Jerman pada 2019. "Coach Marwal sudah berpengalaman menjadi instuktur pada berbagai daerah di tanah air," terang Latando.

Sekum Asprov PSSI Sulsel, Ahmadi Jafri memberi apresiasi kepada manajemen Bank Sulsebar FC yang tercatat menjadi klub pertama di Sulsel yang menggelar kursus pelatih. "Biasanya yang menggelar kursus pelatih seperti ini adalah Askab atau Askot yang didukung oleh Asprov. Saya mewakili Asprov Sulsel mengapresiasi kepedulian Bank Sulselbar terhadap pembinaan sepak bola di Sulsel," ujar Ahmadi. (ab)