nusakini.com--Pengelolaan Sampah Kota Makassar melalui bank sampah makin mendapat apresiasi di tingkat nasional. Terbukti, Walikota Makassar yang baru saja mendarat di Jakarta dari kunjungan ke Denmark langsung dipercayakan menjadi keynote speaker (narasumber utama) dalam kegiatan Pekan Lingkungan Hidup yang digelar di Jakarta, Kamis (9/6) siang.  

Danny didaulat berbicara terkait pengelolaan sampah dan dipanelkan bersama Walikota Surabaya Tri Risma Harini, mantan Walikota Palembang Eddy Santana dan Dirjen Pengendalian Pencemaran KLHK serta dipandu anchor TV Prita Laura.

Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan dalam pekan Lingkungan hidup yang digelar 9 - 12 Juni 2016 juga memberikan kepercayaan besar kepada Makassar untuk membuka klinik bank sampah pada event tersebut. Melalui surat yang ditujukan ke walikota Makassar, direktur pengelolaan sampah kementrian LHK, Sudirman, meminta Walikota Makassar agar dapat mengisi klinik bank sampah serta berpartisipasi mengisi booth dengan display produk daur ulang sampah yang layak dan sekaligus menjadi konsultasi klinik bank sampah.

Sebagai bentuk apresiasi dalam kegiatan yang digelar di Hall A Jakarta Convention Center (JCC) 9-12 Juni 2016 ini, panitia menyiapkan free booth untuk bank sampah kota Makassar.

Walikota Makassar, Ramdhan Pomanto, mengaku senang dan bangga atas kepercayaan yang kembali diberikan kepada kota Makassar sebagai salah satu bank sampah terbaik di Indonesia. Bahkan Danny, telah memerintahkan kepada Badan Lingkungan Hidup dan dinas pertamanan dan kebesihan kota Makassar serta timpro percepatan dan pengendalian program MTR kota Makassar untuk mempersiapkan kegiatan ini dengan baik.

Salah satu keputusan yang dihasilkan adalah adanya sinergi antara seluruh pendukung pameran, termasuk menyiapkan isi pameran serta dekorasi stand yang akan digunakan.

“Kepercayaan dari kementerian lingkungan hidup dan kehutanan ini harus kita persiapkan dengan matang. Apalagi Makassar sebagai satu satunya kota yang akan mengisi klinik bank sampah,” ungkap Danny Pomanto.

Hal senada juga disampaikan ketua timpro PP MTR, Mukhtar Tahir usai rapat. Menurut pelaksana tugas kadis sosial ini, kehadiran timpro dalam kegiatan ini karena adanya keinginan Walikota Makassar agar semua program-program yang berkaitan dengan MTR (Makassarta Tidak Rantasa) bisa berjalan dengan baik. “Sesuai informasi dari tim bank sampah yang akan berangkat, dalam pameran nanti, bank sampah kota Makassar akan membawa hasil daur ulang palstik dan eceng gondok untuk dipamerkan,” ujarnya. (p/ab)