Bawang Merah di Pasar Induk Sudah Rp 26-29 Ribu/kg, Namun Pasar Minggu (Harga Retail) Malah Rp 35-40 Ribu/kg

By Admin


nusakini.com - Direktur Sayuran dan Tanaman Kementerian Pertanian Yanuardi, saat diskusi bertajuk De Javu Harga Sembako di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (4/6/2016 ), mengatakan, telah melakukan upaya antisipasi agar pada bulan puasa ramadan dan lebaran tidak terjadi kelangkaan stok di pasaran. 

Seperti yang diketahui, kenaikan harga dan kelangkaan bahan sembako terutama pangan menjadi fenomena tahunan. 

“Sebenarnya ini sudah kebiasaan tapi bisa diatasi dengan mengatur manajemen tanam agar harga tidak melonjak tinggi," kata Yanuardi. 

Dia menyebutkan untuk tahun ini saja, Kementan mengantisipasi kelangkaan dengan menaikkan produksi sebesar 10 persen, didasarkan pernghitungan kebutuhan rata-rata Juni 81 ribu ton lebih dan 89 ribu ton bulan Juli di seluruh Indonesia. 

“Kami rencanakan produksi Juni 120 ribu, Juli 137 ribu ton, supaya harga tidak terlalu tinggi. Tapi kita lihat sekarang harga tetap tinggi, cabai misalnya. Di pasar induk Rp 15 ribu, tapi retail di Pasar Minggu bisa Rp 30 ribu," ujar Yanuardi. 

Hal serupa juga untuk produksi bawang merah, hasil pengecekannya di pasar induk berkisar di harga Rp 26-29/kg, sementara di Pasar Minggu malah Rp 35-40 ribu. 

“Fenomena ini yang harus kita perbaiki. Bulan Juni dan Juli ini musim panen di seluruh Indonesia, harga di petani sudah turun sebenarnya. Sekarang kita bisa beli di bawah Rp20 ribu di pasar induk. Hanya retail yang masih tinggi. Kami lihat data kami mencukupi," tambahnya.(if/mk)