BEI Semakin Diminati

By Admin


nusakini.com Jakarta - Minat melantai di Bursa Efek Indonesia semakin kinclong. Tercatat sebanyak 40 perusahaan sudah menyatakan minatnya tersebut.

Menurut Tito Sulistio, Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, ada sekitar 40 perusahaan yang sudah menyatakan keinginan untuk melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/ IPO) saham. Salah satunya badan usaha milik daerah (BUMD). BUMD tersebut berasal dari sektor perbankan.

“BUMD itu lagi cari underwriter. Sebenarnya, ada dua BUMD yang bisa IPO, tapi baru satu yang menyatakan minat. Semester I ini dia mau IPO,” ucap Tito, Kamis (24/3/2016).

Dari sekitar 40 perusahaan yang sudah menyatakan minat, sekitar enam hingga tujuh perusahaan telah menggelar mini expose di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Mereka dari sektor beragam. Ada dari consumer product, pelayaran, farmasi, dan properti,” kata Tito. 

Dari perusahaan-perusahaan yang sudah menyatakan minat untuk IPO saham, otoritas bursa optimistis target 30 emiten baru tahun ini tercapai. Bahkan bisa melampaui 30 emiten baru. Sepanjang kuartal I/2016 baru tiga perusahaan melantai di BEI. Mereka adalah PT Bank Artos Indonesia Tbk, PT Mitra Pemuda Tbk, dan PT Mahaka Radio Integra Tbk. (mk)