Berbagi keseruan 17 Agustus dengan Masyarakat Ekuador

By Admin

nusakini.com--Perayaan HUT RI Ke-71 bagi KBRI Quito merupakan momen berharga untuk membina, menjalin silaturahmi sekaligus memupuk jiwa nasionalisme masyarakat Indonesia. Diatas kertas jumlah WNI di Ekuador kurang dari 50 orang, namun peran aktif mereka dalam membawa nama Indonesia di Ekuador sangat vital.

​Pekerjaan mereka beragam mulai dari misionaris, guru sekolah, pemilik rumah makan dan katering, ibu rumah tangga ataupun pengasuh. Dalam keseharian dan interaksi dengan masyarakat setempat mereka mengenalkan Indonesia, sebagai negeri yang menawarkan beragam pesona budaya, wisata, alam dan kekayaan lainnya. 

Dalam berbagai kegiatan yang dilakukan KBRI Quito, masyarakat Indonesia juga telah banyak membantu seperti dengan memasak, menari, menjaga stand Indonesia dan lain-lain . Diharapkan perayaan HUT RI Ke-71 dapat menguatkan kekompakan dan sinergi antara masyarakat Indonesia dengan KBRI Quito, sehingga mendorong mereka untuk lebih berperan aktif dalam mendukung berbagai kegiatan KBRI Quito dimasa mendatang.   

Tak hanya bagi masyarakat Indonesia saja, namun masyarakat Ekuador juga diundang menikmati suka cita perayaan HUT RI Ke-71. Tanpa canggung mereka membaur bersama masyarakat Indonesia mengikuti upacara, tari poco-poco dan aneka perlombaan yang tentunya sangat unik dan menarik bagi mereka. Tak ketinggalan mereka membawa serta anak-anak mereka yang larut dalam asyiknya lomba kerupuk atau gemasnya memasukan pinsil ke botol. 

Aneka sajian menu seperti nasi tumpeng, sop buntut dan pempek semakin mengentalkan suasana khas Indonesia yang tentunya menjadi obat kangen masyarakat Indonesia yang sudah lama tidak melihat tanah air. Sedangkan bagi masyarakat Ekuador yang hadir, rupa dan cita rasa berbagai masakan tersebut khususnya tumpeng sangatlah unik dan menimbulkan rasa ketertarikan lebih mendalam terhadap Indonesia. 

Masih dalam rangka peringatan HUT RI Ke-71, KBRI Quito akan melaksanakan Bazar Indonesia pada tanggal 27 Agustus 2016, serta festival film Indonesia pada bulan September 2016. Pastinya seluruh kegiatan tersebut akan melibatkan masyarakat Indonesia di Quito Kesemuanya ini tiada lain untuk semakin mengibarkan nama Indonesia sekaligus melancarkan peningkatan hubungan dengan Ekuador di bidang politik, ekonomi, budaya dan lainnya. (p/ab)