Bertemu Pembalap MotoGP, Presiden: Sirkuit Mandalika Tidak Kalah Dengan Negara Lain

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima audiensi para pembalap MotoGP di Istana Merdeka, Rabu (16/03/2022). Pada kesempatan tersebut Kepala Negara sekaligus melepas parade para pembalap yang akan melintasi kawasan Medan Merdeka menuju Bundaran HI Jakarta.

“Tadi sudah kita lepas bersama-sama para pembalap dari mancanegara untuk nanti mereka akan langsung bertanding di Sirkuit Mandalika di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu,” ujar Presiden dalam keterangan persnya usai melepas parade.

Presiden mengungkapkan, sebanyak 60 ribu tiket penonton yang disediakan pertandingan MotoGP yang akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret mendatang telah habis terjual.

“Target tiket yang telah kita berikan 60 ribu alhamdulillah semuanya sudah terjual. Kita harapkan ini menjadi sebuah brand baru negara kita bahwa Indonesia sekarang telah memiliki sirkuit MotoGP yang tidak kalah dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Terkait potensi ekonomi dari penyelenggaraan event olahraga internasional tersebut, Presiden mengatakan nilainya akan dikalkulasi setelah selesai gelaran.

“Nanti kalau sudah event-nya selesai baru kita hitung berapa kira-kira yang masuk. Semuanya kita hitung setelah nanti event-nya kita selesaikan di hari Minggu. Tapi yang jelas memang dari sisi akomodasi hotel memang kita masih butuh banyak sekali di Mandalika,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut Presiden juga menyampaikan harapannya untuk pembalap Moto3 asal Indonesia Mario Aji dapat terus berkembang hingga nantinya dapat mengikuti ajang MotoGP.

“Kita kan ada yang ikut tapi di Moto3, Mario kan ikut. Itu bibit yang kita harapkan bisa naik, naik, naik, kemudian masuk ke MotoGP,” ucap Presiden. (rls)