BI Corner Unhas Akan Gelar Talkshow Bertemakan Ekonomi dan Literasi di Akhir Tahun 2020.

By Abdi Satria


nusakini. com-Makassar -UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah, hanya 0,001%.  Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca (www.kominfo.go.id).

Riset internasional juga menunjukkan fakta yang sama dengan tajuk World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca, persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61).

Tentunya hal ini berbanding terbalik dengan ketersediaan layanan infrastuktur demi mendukung minat literasi, di mana peringkat Indonesia berada di atas negara-negara Eropa. Sehingga, perlu dilakukan pendekatan guna membangun kepekaan, kesadaran, dan kemampuan masyarakat Indonesia untuk melek berbagai literasi, baik literasi digital, finansial, komunikasi dan informasi, numerasi, sains, budaya, dan tentunya baca tulis.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari Generasi Emas Indonesia; Volunteer BI Corner UNHAS hendak mendukung pembekalan Generasi Emas Indonesia ini melalui Kegiatan BI –CTALK ( BI Corner Talk), dengan tema “Integrity & Ability: Dalam Dunia Literasi danEkonomi untuk Generasi Emas Indonesia” ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Volunteer BI Corner 2020 sebagai bagian dari Divisi Public Relation Generasi Baru Indonesia komisariat Universitas Hasanuddin yang akan memberikan pemahaman serta membuka pikiranpara pemuda Indonesia untuk berkomitmen mewujudkan cita – cita kemandirian bangsa Indonesia terutama dalam bidang ekonomi dan literasi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Desember 2020 pukul 10.00 – 12.30 WITA melalui media video conference Zoom Meeting, menghadirkan narasumber yang akan memberikan perspektif baru serta sudut pandang yang lebih luas mengenai kemajuan ekonomi serta literasi di masa depan.

Kegiatan ini diisi oleh narasumber dari Perwakilan Bank Indonesia yang nantinya akan memberikan penjelasan mengenai kemajuan perekonomian Indonesia di masa depan serta penjelasan Bank Indonesia mengenai pengadaan BI Corner UNHAS, serta narasumber Muliana Mursalim (Penulis buku “Cinta dalam Naungan Tuhan” dan Putri Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat 2019) yang nantinya akan memberikan penjelasan mengenai semangat berliterasi dan membangun minat baca untuk pemuda dalam mempersiapkan diri sebagai Generasi Emas Indonesia, dipandu oleh moderator Winda Anggraeny (News Presenter Kompas TV Makassar dan Miss Indonesia Sulwesi Barat 2017).

Untuk mengikuti kegitan ini dapat melalui registrasi pendaftaran di 

bit.ly/bictalkunhas , untuk informasi lebih lanjut silahkan berkunjung di Instagran BI Corner Unhas (@bi_corner_unhas) dan Facebook BI Corner Unhas. (rls)