BPJS Ketenagakerjaan Raih Penghargaan Human Capital Award 2016

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Penghargaan Indonesia Human Capital Award (IHCA) II 2016 disematkan pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk kategori The Best Human Capital for Government Insurance Company. Penganugrahan ini diserahkan saat Konfrensi Human Capital II se-Indonesia yang diselenggarakan Majalah Economic Review, IPMI International Business School, NBO Group dan Thomas International.

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan dalam melakukan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam memberi nilai lebih pada institusi," ujar Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Naufal Mahfudz usai menerima penghargaan di Auditorium Puri Dani, IPMI International Business School, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2016). 

Menurut Naufal, lebih dari 4 ribu karyawan BPJS Ketenagakerjaan tersebar di seluruh unit kerja di Indonesia dikelola dengan sistem Human Capital yang terintegrasi dan berbasis kompetensi, serta didukung teknologi Human Capital Information System (HCIS), mulai dari proses rekrutmen, asessment center, penilaian kinerja, dan talent management.

Dengan sistem yang telah dibangun, BPJS Ketenagakerjaan mampu mempersiapkan SDM andal dan memenuhi kriteria yang dibutuhkan sesuai sasaran institusi dan ukuran produktivitas yang diharapkan. Hal ini tercermin juga dari keberhasilan SDM BPJS Ketenagakerjaan dalam mengawal transformasi institusi dari PT Jamsostek (Persero) menjadi BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan amanat Undang-Undang. 

“Perencanaan kebutuhan dan pengembangan SDM penting dilakukan untuk dapat memenuhi ekspektasi publik dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta. Untuk mendapatkan SDM berkualitas, kami membangun Institut BPJS Ketenagakerjaan yang berperan penting dalam optimalisasi pengembangan SDM," jelas Naufal. 

Institut BPJS Ketenagakerjaan merupakan sarana pembelajaran dan pengembangan kompetensi SDM, sekaligus dipersiapkan sebagai tempat pelaksanaan riset jaminan sosial untuk pengembangan jaminan sosial di Indonesia. Institut ini dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti gedung pusat pelatihan dengan infrastruktur yang memadai. 

Apresiasi penghargaan The Best Human Capital for Government Insurance Company ini, lanjut Naufal, akan memberikan semangat baru bagi BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan pelayanan prima dan perlindungan terbaik bagi seluruh pekerja di Indonesia.(mk)