Buah nanas dengan 6 keunggulannya untuk kesehatan,

By Admin


nusakini.com - Nanas merupakan buah tropis yang banyak digemari di Indonesia. Nanas banyak  dijadikan macam-macam hidangan kuliner seperti rujak, selai, asinan atau sebagai bahan pelengkap pada aneka resep masakan. Untuk memperoleh nanas juga tidak susah, kita dapat temukan di pasar tradisional atau supermarket. Bagi anda yang menyukai buah nanas ini, tentu saja tidak hanya memanjakan lidah tapi dibalik kenikmatannya itu, tersimpan manfaat nanas yang luar biasa. Ini dia beberapa manfaatnya :

1. Pencegahan Degenerasi Makula
Degenerasi makula adalah suatu kondisi orang dewasa yang mengalami kehilangan penglihatan. Gangguan ini menyebabkan kesulitan untuk membaca dan mengenali sesuatu dengan benar. Zat beta karoten yang terdapat pada  wortel, juga ada dalam nanas tentunya harus dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan hasil yang baik.

2. Meningkatkan Imunitas,
Vitamin C dalam nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat. Selain itu, nanas mengandung  zat asam amino yang kaya. Zat asam amino membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan.

3. Membantu Pencernaan agar tetap sehat,
Seperti halnya buah-buahan dan sayuran lainnya, nanas Jg merupakan buah yang berserat tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan usus anda. Tapi tidak seperti halnya buah-buahan dan sayuran lainnya, nanas mengandung sejumlah besar bromelain, enzim yang memecah protein, juga membantu pencernaan agar tetap sehat, menurut American Cancer Society.

4. Mencegah Hipertensi
Seseorang yang cenderung memiliki tekanan darah yang tinggi, tentu akan berusaha untuk membuat tekanan darah nya kembali normal. Pilihan makanan yang tepat menjadi salah satunya, yaitu dengan mempertimbangkan diet nanas untuk hipertensi, sehingga akan membantu menjaga tingkat tekanan darah menjadi normal.

5. Meredakan Mual
Jus nanas yang segar dapat meredakan rasa mual, misal untuk mengatasi morning sickness, bisa juga untuk ibu hamil yang biasanya mengalami mual. Hal ini juga membantu orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dengan kendaraan, yang sering  menyebabkan mabuk.

6.  Menguatkan tulang kalsium yang terkandung dalam susu bermanfaat untuk kesehatan tulang. Namun zat mangan ada dalam jumlah yang melimpah di dalam nanas dan sangat membantu memperkuat tulang. Sebuah studi menunjukkan hasil bahwa mangan bersama dengan mineral lainnya, dapat membantu mencegah osteoporosis pd wanita.
Tapi tentu saja perlu diingat, mengkonsumsi nanas tidak boleh berlebihan juga karena nanas dapat memicu penyebab terjadinya beberapa alergi. Jadi....konsumsilah setiap makanan dengan bijak agar  manfaatnya bisa kita rasakan. (sr)