Bulog Klaim Stok beras di Sulawesi Utara - Gorontalo Aman.

By Admin


nusakini.com - Kepala Divre Bulog Sulawesi Utara - Gorontalo Sabaruddin Amirullah di Manado, Rabu (1/6/2016) menyampaikan dalam operasi pasar untuk stabilisasi harga di 15 kabupaten/kota total ketersediaan beras mencapai 347.583 kg.

Sedangkan, cadangan beras pemerintah (CBP) untuk bencana alam dan rawan pangan masing-masing kabupaten/kota 100 ton/tahun. 

"Beras-beras tersebut telah tersedia di gudang-gudang Bulog se-Sulut termasuk di tiga gudang Bulog yang ada di tiga kabupaten kepulauan yakni Kepulauan Talaud di Lirung, Kepulauan Sangihe di Tahuna, dan Kepulauan Sitaro di Ulu Siau," kata Sabarudin. 

Berkaitan dengan adanya kelangkaan ketersediaan beras di pulau-pulau terluar di Talaud seperti Pulau Marampit dan Pulau Karatung, pihaknya sudah mengantisipasinya sesuai dengan jadwal pelayaran kapal pengangkutan. 

Dia menambahkan, Bulog saat ini secara rutin sedang melakukan penyaluran raskin bagi rumah tangga sasaran (RTS) sebanyak 161.089 RTS di mana masing-masing menerima 15 kg/bulan atau total 2.416.335 kg. Dirinya berharap, Pemerintah Kabupaten/Kota yang belum melunasi utang raskin ke Bulog agar segera menuntaskannya untuk menjaga kelancaran penyaluran raskin.(if/mk)