Cina Mengirimkan 3 Astronot Ke Stasiun Ruang Angkasa

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pemerintahan Cina berhasil mengirimkan tiga astronot dalam misi membangun stasiun ruang angkasa mereka sendiri, pada hari Kamis (17/6). Stasiun ruang angkasa Cina yang bernama Tiangong masih dalam pekerjaan konstruksi di sekitar orbit bumi.

Shenzhou-12 adalah pesawat ruang angkasa yang digunakan oleh tiga astronot ini. Pesawat tersebut diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Padang Gobi, Cina.

Misi Shenzhou-12 ini merupakan pertama kalinya Cina mengirimkan kru untuk membangun Tiangong. Namun Cina sudah meluncurkan pesawat-pesawat tidak berawak untuk melakukan konstruksi terlebih dahulu. Shenzhou-12 adalah misi berawak pertama Cina dalam lima tahun terakhir.

Misi pembangunan stasiun ruang angkasa ini adalah tanggapan Cina mengenai larangan terhadap astronot mereka di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station) atau ISS. ISS telah menampung 200 astronot dari 19 negara berbeda, namun Cina tidak termasuk di dalamnya.

Larangan ini berasal dari Amerika Serikat. Rusia yang telah berkontribusi lama pada ISS juga pada akhirnya memutuskan untuk keluar dari stasiun tersebut dan akan membangun stasiun ruang angkasa mereka sendiri.

Kepergian Rusia dari ISS dan stasiun ruang angkasa milik Cina ini menunjukkan bahwa era kerja sama internasional dalam bidang luar angkasa sepertinya akan segera berakhir setelah adanya indikasi kekurangan dana untuk ISS di tahun-tahun berikutnya. (dd)