Day-2 Webinar Marketing 101 : Get Yourself Ready Into Full Digital Era

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar – Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 Universitas Hasanuddin (UNHAS) menggelar event berskala nasional hari kedua dengan nama Marketing 101 : Get Yourself Ready Into The Full Digital Era. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Webinar hari pertama yang dilaksanakan pada hari kemarin, tepatnya Sabtu (12/6/2021).

Adapun materi yang akan dibahas bersama pada hari kedua Webinar Marketing 101 : Get Yourself Ready Into The Full Digital Era adalah Going Deep Into SEO World dan terakhir How To Being Creative With Your Content. Kedua materi tersebut nantinya akan dibawakan oleh pemateri – pemateri muda yang ahli di bidang marketing dan berasal dari perusahaan – perusahaan ternama di Indonesia.

Kegiatan hari kedua dimulai pada pukul 10.30 WIB secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Sesuai jadwal, kegiatan dimulai dengan agenda pemaparan materi dari Joe Handaya (Web & SEO Manager at Ruangguru Group) selaku pembicara pertama hari kedua. Dalam materinya (Going Deep Into SEO World), ia memaparkan materi mengenai SEO (Search Engine Optimization) secara mendalam, menurutnya, SEO adalah proses menaikkan peringkat situs bisnis sehingga pada saat melakukan pencarian di kolom search dengan menggunakan keyword tertentu maka situs bisnis akan muncul pada peringkat tertentu.

Selain itu, menurutnya semakin tinggi peringkat di situs pencarian maka bisnis akan semakin dikenal dan mendapatkan brand awareness yang bagus.

Lebih lanjut, Joe juga menjelaskan mengenai pentingnya SEO, bagaimana cara kerja SEO, dan hal lainnya yang berkaitan dengan SEO.

Sebelum menutup materinya. Joe memberikan closing statement, bahwa untuk menjadi seseorang yang sukses maka hindari rasa malas membaca, dan pada saat membaca apapun bahan bacaannya seseorang harus membacanya sampai habis, karena membaca merupakan salah satu jendela dunia.

Materi lain juga disampaikan oleh Louise Angelita Kemur (Master Brand & Social Media at Tokopedia) selaku pembicara kedua pada hari ini. Pada materinya (How To Being Creative With Your Content), ia menjelaskan materi mengenai konten marketing, model konten marketing, social media marketing, benefit menggunakan social media, bagaimana cara membuat konten hingga disukai banyak orang, dan materi lainnya.

Setelah pemaparan materi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan interaksi singkat bersama sponsorship serta bermain games bersama peserta secara virtual. Kegiatan ini ditutup dengan Webinar yang dihadiri oleh sejumlah partisipan umum mulai dari mahasiswa, pelajar, pekerja dan lainnya, baik dari wilayah Makassar maupun Luar Makassar.(rls)