Dedikasi Prof Raldi Bagi Kelangsungan Hidup Bayi Prematur di Indonesia

By Admin


nusakini.com - Inkubator mempunyai peran yang sangat penting untuk menyokong kehidupan bayi yang terlahir prematur. Oleh karena itu Prof. Dr. Ir. Raldi Kartono Koestoer, DEA dari Universitas Indonesia yang telah membuat inkubator berbasis teknologi Grashof.

Salah satu inovasi yang dilakukan Raldi pada inkubator Grashot adalah penambahan beberapa lubang pada empat sisi inkubator. Hal tersebut membuat suhu ruang inkubator selalu stabil pada angka 38 derajat celcius. 

Selain itu, Prof Raldi juga mendesain inkubator ini agar mudah dibersihkan dan sebagian besar komponen menggunakan produk dalam negeri. 

Kemudian inkubator tersebut menerapkan sistem konveksi alamiah pada inkubator Grashof ini. dengan demikian, perpindahan panas terjadi berdasarkan aliran udara alami. 

Ada beberapa lubang di sekeliling inkubator bagian bawah yang dibuat miring untuk mengantisipasi perbedaan ketinggian, tekanan, dan massa jenis udara. 

Alat tersebut dapat menghantarkan aliran panas merata yang dibutuhkan bayi, mulai dari kepala hingga kaki. Untuk itu, tata telak lubang dan termostat dilakukan untuk memastikan suhu di kisaran 33 sampai 35 derajat celcius.(if/mk)