Demokrat Gelar Survei Internal Respons Usulan Duet Anies-AHY

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat bakal melakukan survei internal untuk menangkap merespons usulan memasangkan Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Usulan duet Anies-AHY sebelumnya disampaikan elite Partai NasDem, Zulfan Lindan. Ia menilai duet keduanya potensial memenangi Pilpres 2024.

"Terkait dengan wacana duet Anies-AHY, kami juga akan melaksanakan survei secara internal dan terus mencermati hasil berbagai lembaga survei lainnya," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis Demokrat Herzaky Mahendra Putra, Selasa (19/7).

Herzaky menyebut Partai Demokrat sejauh ini telah nyaman dengan Nasdem dan PKS. Ketiga partai itu diketahui terus menjalin komunikasi intens untuk penjajakan koalisi menghadapi Pilpres 2024.

Demokrat, kata Herzaky, juga menjalin komunikasi intens dengan Anies. Dia mengatakan Demokrat punya banyak kesamaan yang baik dengan Anies.

Pada waktunya, kata dia, Demokrat akan membicarakan capres dan cawapres dengan mitra koalisi.

"Semua mitra koalisi berada dalam posisi yang setara dan akan membicarakan secara bersama," ucap Herzaky.

Sementara itu, Partai Amanat Nasional (PAN) tak risau dengan wacana duet AHY-Anies di yang diklaim bisa memenangkan Pilpres 2024.

"Enggak apa-apa, klaim mengklaim kan kerjaan orang partai politik, ya kan. Merasa menang, merasa pemenang, atau membuat permainan sudah selesai itu sudah biasa. Enggak perlu kita risaukan itu," kata Yandri.

Diketahui, PAN sudah membangun koalisi bersama Golkar dan PPP. Namun, sejauh ini Koalisi Indonesia Bersatu yang mereka bentuk belum menentukan capres-cawapres yang akan diusung. (CNN)