Di Indonesia, Gaji Karyawan Wanita Lebih Tinggi Dibanding Gaji Pria

By Admin


nusakini.com - Persoalan gaji memang kadang menjadi perbicaraan yang menarik untuk dibincangkan, khususnya terkait dengan perbedaan gaji antara pria dan wanita. Data yang dikutip dari AAUW.org tentang Simple Truth about Gender Pay Gap tahun 2014, di negara Amerika serukat, gaji pria terpaut 21% lebih tinggi dibanding wanita. Sementara di Inggris terjadi kesenjangan antara gaji Pria n wanita sampai 14.2%.

Di Indonesia, terjadi hal hal yang cukup menarik dalam perbedaan gaji antara pria dan wanita. Seperti yang dilansir dari laman Jobplanet.com, di negeri ini perbesaan gaji tersebut tidaklah terlalu mencolok. Bahkan, ada beberapa, gaji wanita justru lebih tinggi dibanding gaji pria.

Survey Jobplanet.com terhadap 14.000 karyawan pada level staf hingga manajer dengan perbandingan 49 % jender pria dan 51 % jender wanita menemukan gaji pokok karyawan wanita Rp 3.660.000; di luar bonus dan tunjangan, lebih tinggi sekitar 1.1 % gaji pria Rp 3.621.000. 

Untuk perbedaan gaji di level manager, karyawan wanita sekitar Rp 7.696.000; sementara gaji manager pria Rp 7.356.000; berarti gaji karyawan wanita lebih tinggi sekitar 4.6 %.

Pada bidang Hukum, Research N Development serta Engineering gaji staf karyawan wanita, lebih tinggi 10% dari gaji pria.

  "Jika di rata ratakan, gaji karyawan wanita dan karyawan pria masih lebih tinggi gaji karyawan wanita, baik itu di level staf ataupun di level manager. meski demikian, perbedaan tersebut masih di bawah 5% bila di rata ratakan. sehingga bila di lihat tidak ada kesenjangan gaji pria dan wanita" kata Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet. (am)