Direktur Kreatif Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 Dipecat

By Nad

nusakini.com - Internasional - Direktur bidang kreatif untuk upacara pembukaan Olimpiade Tokyo yang akan diadakan hari ini, tanggal 23 Juli, telah dipecat setelah ia dikabarkan pernah membuat lelucon mengenai peristiwa Holocaust Jerman.

Presiden Olimpiade, Seiko Hashimoto mengumumkan pada hari Kamis (22/7) bahwa Kentaro Kobayashi, yang pernah menjadi anggota grup komedi pada tahun 1990an, telah diberhentikan karena lelucon yang ia buat dulu.

Dalam sebuah potongan video mengenai aksi komedinya pada tahun 1998, Kobayashi membuat lelucon mengenai sebuah permainan dan menyebut permainan tersebut sebagai "ayo main pembantaian Yahudi", komentar ini ditertawakan oleh para penonton pada saat itu.

Simon Wiesenthal Center, organisasi HAM Internasional untuk umat Yahudi, mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengutuk perilaku masa lalu Kobayashi.

Mereka mengatakan adanya asosiasi antara Kobayashi dengan Olimpiade Tokyo akan menghina ingatan lebih dari enam juta umat Yahudi dan juga menghina Paralimpiade.

Kobayashi sendiri mengaku ia menyesali perkataannya dahulu dan menyebutnya "pemilihan kata yang bodoh".

Berita ini menjadi isu terbaru dari berbagai hal yang mempermalukan panitia Tokyo 2020 yang membuat marah warga domestik dan juga internasional, kabar ini juga hadir beberapa hari setelah seorang musisi dipecat dari posisinya sebagai penggubah untuk upacara pembukaan setelah banyak laporan mengenai tindak perundungan dan kekerasan yang pernah ia lakukan.

Pada bulan Februari, Yoshiro Mori yang pernah menjadi perdana menteri Jepang, dipaksa mundur karena komentar-komentarnya yang seksis. Sebulan kemudian, kepala bidang kreatif Olimpiade, Hiroshi Sasaki, harus mengundurkan diri setelah ia kedapatan pernah mengolok-olok seorang selebriti perempuan Jepang.