DJKN dan LPEI Berkolaborasi, Pemerintah Aceh Harap UMKM Bisa Naik Kelas

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Drektorat Jendeal Kekayaan Negara (DJKN) berkolaborasi dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) memberikan berbagai pendampingan kepada pelaku UMKM dan koperasi di Aceh. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah MT. berharap melalui kolaborasi tersebut sektor UMKM dan koperasi bisa naik kelas menjadi usaha yang berorientasi kepada ekspor, sehingga dapat memperkuat sektor usahanya.

"Kerja sama DJKN dan LPEI layak kita perkuat agar UMKM dan koperasi segera bangkit kembali memperkuat ekonomi bangsa kita. Langkah Pemerintah mendorong UMKM dan Koperasi di Aceh agar berorientasi kepada ekspor tentu saja sebuah kesempatan yang tidak bisa kita lewatkan. Kita yakin, dari sekian banyak UMKM dan koperasi yang ada di daerah ini, tidak sedikit yang mampu menghasilkan produksi yang layak dipasarkan di tingkat internasional," kata Nova.

Nova menyebut, sektor UMKM telah menyerap lebih dari 117 juta tenaga kerja, dimana tercatat 60,5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia disumbangkan oleh UMKM.

"Karena itu, wajar jika UMKM memiliki peran penting dalam pemulihan roda ekonomi negeri kita," ujar Nova.

Nova menyebutkan pandemi Covid-19 telah membuat semua sektor UMKM mengalami kontraksi tinggi. Karena itu pemerintah Aceh sangat mendukung langkah pemerintah pusat, dalam hal ini LPEI, untuk membangkitkan kembali kontribusi UMKM dalam kehidupan masyarakat.(rls)