Donald Trump Dicemooh setelah Minta Pendukung untuk Divaksin

By Nad

nusakini.com - Internasional - Dalam rapat terbukanya di Alabama pada malam Sabtu (21/8), Donald Trump mendapatkan cemoohan dari pendukungnya setelah ia mengatakan: "Saya merekomendasi vaksinasi".

Mantan presiden ini sedang berpidato di Cullman, Alabama, sebuah kota yang kesulitan menghadapi kasus COVID-19 dan perawatan rumah sakit.

Trump mengatakan semua orang bebas dan berhak untuk menentukan pilihannya, namun ia merekomendasikan mereka untuk mendapatkan vaksinasi. Ia menyatakan vaksinasi itu baik dan ia sendiri telah divaksin.

Trump divaksin saat ia masih menjabat sebagai presiden. Sebelumnya ia sempat dinyatakan positif virus corona pada bulan Oktober tahun lalu. Ia memberitahukan pendukungnya untuk mengikutinya.

Saat ia mendengar cemooh dari pendukungnya, ia mengatakan bahwa semua orang merdeka untuk menentukan pilihan mereka masing-masing dan ia menghormatinya. Ia juga menambahkan jika ia sendiri terkena COVID-19 lagi, berarti vaksinnya tidak bekerja.

Sebelum rapat terbuka ini dilaksanakan, pihak berwajib takut acara tersebut akan menjadi titik pusat infeksi COVID-19.

Varian Delta sedang merajalela di Amerika Serikat dan utamanya menyerang warga-warga yang belum divaksin. Di Alabama, 85% pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit belum divaksin. Alabama juga melihat peningkatan kasus yang tinggi kalangan anak-anak.