DPD RI: Kampaye “No Plastic Bag” Harus Terus Digalakkan

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Keterlibatan semua pihak dalam kampanye “No Plastic Bag” sebagai upaya menjaga lingkungan dari penggunaan kantong plastik secara berlebihan harus terus digalakkan. Hal ini disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman, di Jakarta, Minggu (24/4/2016)

Menurut Irman, kondisi lingkungan saat ini sudah sangat memprihatinkan. Apalagi, masalah sampah plastik yang banyak menggunung baik di bataran kali maupun di Tempat Pembuangan Sampah 

"Kalau mau hidup lebih baik, mari kita bersahabat dengan lingkungan kita. Kalau ada lingkungan mari kita angkat, kalau plastik mari kita simpan," ujarnya.

Irman menambahkan, bukan hanya masyarakat tapi kesadaran mengurangi sampah kantong plastik juga harus diikuti seluruh elemen. Mulai dari pemerintah, DPD, gubernur, wali kota dan seluruh masyarakat Indonesia. 

"Karena itu, baik pemerintah, DPD, gubernur, wali kota dan seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali harus terlibat dalam penanganan masalah sampah plastik ini," lanjut dia. 

Kesadaran masyarakat, lanjut Irman, juga harus dibangun sejak dini. Misalnya dengan menyadarkan bahwa penggunaan kantong plastik berlebih akan mencemari lingkungan. 

"Jadi kalau orang memakai kantong plastik, dia merasa ada yang salah dengannya. Kesadaran itu lah yang harus kita berikan kepada masyarakat," kata Irman.(mk)