Dukung Agenda Pembangunan Indonesia, ADB Siapkan Rp.27 T

By Admin


nusakini.com - Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank-ADB) mendukung agenda pembangunan di Indonesia dengan menyiapkan dana pinjaman senilai dua miliar dolar per tahun atau sekitar Rp 27 triliun.

Hal itu diungkap Vice President for Knowledge Management and Sustainable Development Bambang Susantono, Rabu (23/3/2016). Menurutnya, dana pinjaman berupa Pinjaman Proyek, Pinjaman Program dan Result Based Loan. "Tinggal lihat Indonesia bisa menyerap dana itu dari sektor mana," ujar Bambang.

Project loan, lanjut dia, dapat dialokasikan untuk pembiayaan proyek pembangkit listrik atau irigasi. Sedangkan penyaluran Pinjaman Program bisa ditujukan untuk membiayai agenda perubahan kebijakan termasuk paket-paket ekonomi. ADB siap memberikan data dan sejumlah analisis soal kebijakan ekonomi serta masukan perbandingannya dengan yang dilakukan negara lain.

Jenis pinjaman terakhir yakni Result Based Loan yang merupakan dana reimburse ketika Indonesia selesai membangun suatu proyek. "Indonesia jadi yang pertama di dunia yang dipercaya melakukan pinjaman jenis ini, untuk pembangunan berbasis energi termasuk energi terbarukan," katanya.(ab)