Dukung Penghematan Biaya Operasional Mitra Driver, Program Gojek Swadaya Kembali Hadirkan Beasiswa Anak Mitra

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Komitmen Gojek, platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara,dalam membantu taraf hidup mitra dan keluarga terus ditunjukkan secara nyata. Total penghematan dari seluruh mitra driver yang memanfaatkan Program Gojek Swadaya rata-rata mencapai Rp 17 miliar setiap bulan.

Program Swadaya menawarkan berbagai produk untuk membantu penghematan biaya operasional mitra driver. Ragam produk tersebut mulai dari paket telekomunikasi khusus hanya untuk mitra driver Gojek,keringanan biaya perawatan kendaraan mulai dari bahan bakar, oli, hingga suku cadang, subsidi kebutuhan belanja sehari-hari, dan masih banyak lagi. Ragam upaya yang dikerahkan Gojek melalui program Gojek Swadaya tersebut tak lepas dari dukungan perusahaan-perusahaan rekanan yang juga memiliki kepedulian yang sama kepada jutaan mitra driver Gojek.

Kali ini,Gojek Swadaya kembali menghadirkan program beasiswa untuk anak mitra driver yang memasuki tahun kedua. Hingga saat ini, ada 24 penerima beasiswa dari 7 kota operasional Gojek di seluruh Indonesia.

Yura Natanegara selaku Strategic Regional Head Gojek Indonesia Timur menjelaskan, “Program Gojek Swadaya yang hadir sejak 2016 bertujuan untuk membantu taraf hidup mitra dan keluarga. Konsistensi dan keseriusan ini kami lanjutkan dengan hadirnya Beasiswa Gojek yang sekarang sudah memasuki angkatan kedua. Sejak awal, program ini kami hadirkan sebagai kesempatan gratis bagi anak mitra driver untuk menempuh pendidikan tinggi didukung oleh wadah pembelajaran serta pengembangan diri.Sehingga, anak mitra driver dapat menjadi talenta berkualitas yang bisa membanggakan dan membantu perekonomian keluarganya.”

Menurut riset Lembaga Demografi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (LD FEB UI) tahun 2021, ragam manfaat dari bantuan yang dirasakan oleh mitra driver Gojek melalui program Gojek Swadaya pun menjadi salah satu alasan terkuat untuk terus bermitra dengan Gojek.

Lebih lanjut, program Beasiswa Gojek pun kian melengkapi keringanan yang dihadirkan oleh program Gojek Swadaya. Sebanyak 14 putra/putri mitra driver berhasil lolos setelah melalui rangkaian seleksi ketat di antara ribuan pendaftar lainnya. Mereka akan mendapatkan biaya pendidikan penuh selama 6 semester pada jenjang diploma tiga (D3) di politeknik-politeknik negeri unggulan di Indonesia. 

Dalam menghadirkan program beasiswa ini, Gojek bekerja sama dengan politeknik unggulan di masing-masing kota besar di Indonesia yang telah terbukti mampu menghasilkan SDM yang berkualitas dan tepat guna, di antaranya adalah Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Selain biaya pendidikan gratis, Beasiswa Gojek juga menyediakan wadah belajar yang akan memberikan pelatihan pengembangan diri atau soft skills guna mempersiapkan anak mitra driver menjadi talenta yang berkualitas. Pelatihan ini akan dibawakan oleh karyawan Gojek dengan keunggulannya, serta menghadirkan beragam materi, mulai dari cara membuat Curriculum Vitae (CV) yang berkualitas hingga strategi penyelesaian masalah (problem-solving skills) di dunia kerja.

Kesempatan yang inklusif bagi anak mitra driver Gojek Amri merupakan salah satu penerima Beasiswa Gojek dari Makassar yang akhirnya berhasil mengenyam pendidikan gratis di Politeknik Negeri Ujung Pandang, setelah sempat gagal di proses seleksi

Beasiswa Gojek tahun lalu. “Kegagalan saya tahun lalu justru menjadi pemacu semangat untuk terus berusaha lebih keras. Setelah saya memutuskan untuk menunda pendidikan, saya bekerja paruh waktu untuk mengumpulkan modal untuk membeli komponen komputer bekas, yang kemudian saya jadikan usaha warnet kecil-kecilan. Itu cara terdekat saya untuk dapat menggeluti bidang Teknologi yang saya sukai, sambil saya belajar untuk persiapan ujian Beasiswa Gojek 2021. Dan alhamdulillah, saya lulus tahun ini.”

Ayah Amri, Pammusureng selaku mitra driver GoCar di kota Makassar yang menambahkan bahwa sebelumnya ia dan keluarga sudah banyak teringankan dengan program Gojek Swadaya. “Saya berterimakasih kepada Gojek atas segala kemudahan yang disalurkan melalui program Gojek Swadaya. Berbagai manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh saya sendiri namun juga keluarga. Harapannya, dengan beasiswa kali ini, anak saya dapat menjadi SDM yang berkualitas dan menoreh prestasi seperti Gojek,” ujar Pammusureng.

Pammusureng merupakan salah satu dari tiga mitra driver yang anaknya berhasil menerima Beasiswa Gojek di Makassar. Kedua lainnya adalah mitra driver GoRide bernama Sukardi dengan anaknya, Cindi Wardani Putri, yang berhasil berkuliah di jurusan Akuntansi, dan Fadly Putra Perdana dengan anaknya bernama Firzah Eka Putri yang kini telah menjadi mahasiswi jurusan Teknik Kimia di Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Informasi lebih lengkap terkait dengan program Beasiswa Gojek sekaligus cerita inspiratif para penerimabeasiswa dapat dilihat di media kit Beasiswa Gojek 2021 Makassar.(rilis)