Duta Besar Jerman di Cina Mendadak Meninggal Dunia

By Nad

nusakini.com - Internasional - Duta Besar Jerman yang bertugas di Cina, Jan Hecker, mendadak meninggal dunia pada usia 54 tahun, ia baru saja bertugas untuk beberapa minggu, menurut pernyataan Kedutaan Besar Jerman pada hari Senin (6/9).

Hecker sebelumnya bekerja sebagai penasehat kebijakan luar negeri untuk Kanselir Jerman Angela Merkel sebelum bertugas menjadi Duta Besar di Beijing pada 24 Agustus.

"Kami sangat bersedih dan terkejut mendengar kabar meninggalnya Duta Besar Jerman untuk Cina," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman pada hari Senin. "Kami mengucapkan turut berduka cita untuk keluarga dan rekannya."

Keadaan mengenai alasan kematiannya belum diberitahu kepada media.

Hecker menjabat sebagai Duta Besar Jerman untu Cina ke-14 pada akhir Agustus. Sebelum pemilihannya, ia bekerja sebagai Direktur Departemen Kebijakan Luar Negeri, Kebijakan Keamanan dan Perkembangan, dan pernah menjadi penasehat kebijakan luar negeri Merkel sejak tahun 2017.

"Saya sangat terkejut mendengar kepergian Jan Hecker," tulis Merkel dalam sebuah pernyataan pada hari Senin. Ia mengaku merasa kehilangan atas kehadiran penasehatnya yang sangat hebat dan memiliki pengertian yang besar terhadap kemanusiaan. Merkel juga mengucapkan turut berduka cita untuk keluarga Hecker.

Saat ia mulai menjabat sebagai duta besar, Hecker mengatakan tujuannya adalah berkontribusi terhadap perkembangan yang stabil untuk hubungan Jerman dan Cina, dan juga berusaha untuk memperkuat dialog dan kemitraan.