Duta Besar Myanmar untuk China Meninggal Dunia

By Nad

nusakini.com - Internasional - Duta Besar Myanmar untuk China meninggal mendadak pada hari Minggu (7/8) di kota barat daya China Kunming, menurut berita kematian di media pemerintah Myanmar dan sumber diplomatik di Beijing.

Berita kematian Duta Besar U Myo Thant Pe oleh kementerian luar negeri Myanmar di sebuah surat kabar negara pada hari Senin (8/8) tidak merinci penyebab kematiannya.

Para diplomat di Beijing dan laporan media Myanmar berbahasa China mengatakan penyebabnya kemungkinan adalah serangan jantung.

U Myo Thant Pe terakhir terlihat pada hari Sabtu (6/8) bertemu dengan seorang pejabat lokal di provinsi Yunnan, China barat daya yang berbatasan dengan Myanmar, menurut laporan berita lokal.

Kedutaan Myanmar di China tidak segera menanggapi permintaan komentar.

U Myo Thant Pe diangkat sebagai duta besar untuk China pada 2019 dan tetap menjabat setelah militer Myanmar mengambil alih kekuasaan dalam kudeta pada Februari 2021.

Dia adalah duta besar keempat yang meninggal di China sejak 2021.

Duta Besar Ukraina Serhiy Kamyshev, 65, meninggal pada Februari 2021 selama atau tak lama setelah kunjungannya ke tempat Olimpiade Musim Dingin Beijing. Duta Besar Jerman Jan Hecker, 54, meninggal pada bulan September, kurang dari dua minggu setelah penempatannya di Beijing.

Duta Besar Filipina Jose Santiago "Chito" Sta. Romana, 74, meninggal di karantina di provinsi Anhui, China timur pada April. (Reuters/dd)