Duta Sampah SMAN 3 Makassar Didik Siswa Peduli Lingkungan Dan Wirausaha

By Admin

nusakini.com--Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Makassar kembali meluncurkan program untuk mendidik dan memberdayakan para siswanya. Kamis (26/5), sekolah yang berlokasi di selatan Makassar ini memperkenalkan program Duta Sampah. 

Ditemui usai acara, Mirdan Midding, Kepala Sekolah SMAN 3 Makassar menjelaskan, program Duta Sampah ini bertujuan untuk mendidik dan membiasakan siswa peduli dengan lingkungan, khususnya kebersihan di sekitar sekolah. "Setiap kelas akan mempunyai duta sampah yang dipilih sendiri oleh teman kelasnya," ujar Mirdan.

Tugas Duta Sampah diantaranya mengajak rekannya agar membuang sampah ditempat yang disediakan. "Kami menyediakan tong sampah di setiap kelas. Dimana sampah di setiap kelas akan dikumpulkan oleh cleaning service. Dan setiap akhir pekan, sampah plastik ini akan ditimbang dan dinilai dengan uang," papar Mirdan.

Jadi, program Duta Sampah ini tidak hanya mendidik siswa peduli kebersihan lingkungan tapi juga mengajarkan mereka berwirausaha. "Uang hasil penjualan sampah diserahkan ke Duta Sampah untuk di setor ke bendahara kelas masing-masing," papar Mirdan.

Terkait dengan kebersihan dan kesehatan sekolah, Mirdan selaku Kepsek SMAN 3 Makassar, juga bakal memberlakukan aturan bebas rokok dilingkungan sekolah. "Saat ini masih dalam taraf sosialisasi. Aturan ini bakal diterapkan mulai tahun ajaran baru," tegasnya.

Aturan bebas rokok ini terbilang unik dan fair. Karena setiap individu di lingkungan sekolah berhak menegur sang perokok. "Siswa juga berhak menegur para guru dan staff yang ketahuan merokok," papar Mirdan.

Mirdan menambahkan, berbagai program yang diluncurkan untuk mendukung misi sekolah yang mengusung tagline Sekolah Para Juara pada lima unsur. Yakni Akademik, Olahraga, Seni Budaya, Lingkungan dan Tanpa Keluhan. (ab)