Eriksen Dibolehkan Pulang Setelah Operasi

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pesepak bola asal Denmark, Christian Eriksen akhirnya dibolehkan pulang setelah menjalani operasi yang sukses setelah hampir satu minggu dirawat. Eriksen mengalami serangan jantung saat bermain di liga Eropa 2020 melawan Finlandia.

Pria berusia 29 tahun ini kemudian mendapatkan pertolongan pertama oleh rekan tim Denmarknya dan juga tim medis. Eriksen diberikan CPR dan jantungnya dimulai ulang menggunakan alat defibrilator lalu kemudian ia dibawa ke rumah sakit terdekat.

Melalui akun twitter Asosiasi Sepak Bola Denmark atau DBU, Eriksen dipulangkan setelah menjalani operasi di Copenhagen. Selanjutnya, atlet ini akan beristirahat bersama keluarganya.

Menurut DBU, Eriksen menyampaikan pesannya terhadap penggemar, ia mengatakan kondisinya sehat setelah melalui operasi. Ia berterima kasih untuk doa-doa yang dipanjatkan untuknya, ia juga mengatakan akan mendukung tim Denmark pada pertandingan melawan Rusia di hari Selalsa (22/6) nanti.

DBU sebelumnya menyatakan bahwa Eriksen dipasangkan alat ICD (implantable cardioverter-defibrillator) pada jantungnya. Alat ini disebut akan membantu meregulasi irama jantung Eriksen menggunakan aliran listrik.

Menggunakan alat ICD bukan berarti karir sepak bola Eriksen telah berakhir. Beberapa atlet lain seperti pemain sepak bola asal Belanda Daley Blind dan atlet lompat Galah Jerman Katharina Bauer tetap aktif dengan alat medis dalam tubuh mereka.

Sebuah tribut untuk Eriksen diadakan ketika pertandingan Denmark melawan Belgium pada hari Kamis (17/6). Terlihat tim Denmark melebarkan jersey raksasa Eriksen di atas lapangan. Tribut ini disambut hangat oleh penonton dan mendapatkan tepuk tangan yang meriah.

Tim Denmark akan melawan Rusia untuk pertandingan grup mereka. Dikabarkan bahwa Denmark masih memiliki harapan untuk melaju pada babak selanjutnya jika mereka memenangkan pertandingan terakhir ini. (dd)