Fans K-Pop Akan Bisa Menghadiri Konser Offline

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pemerintah Korea Selatan perlahan mengangkat peraturan social distancing. Larangan pengadaan konser luar ruangan akan segera dihapuskan, namun jumlah penonton harus dikurangi sebagai tindakan preventif dalam menghadapi virus corona.

Konser langsung dengan penonton sudah dilarang selama 14 bulan. Penggemar grup K-Pop hanya bisa menonton idola mereka melalui layar TV atau smartphone mereka masing-masing. Interaksi langsung dengan grup favorit mereka sama sekali tidak bisa dilakukan.

Agensi-agensi grup K-Pop pun melaksanakan konser secara online, grup seperti BTS tampil tanpa penonton sama sekali. BLACKPINK juga sempat mengadakan konser mereka secara virtual melalui platform YouTube. Namun beberapa fans mengaku pengalaman menonton langsung jauh lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan menonton secara virtual.

Mulai 14 Juni, larangan tanpa penonton dalam konser mulai dihapus. Tempat konser seperti stadion bisbol dan bola diperbolehkan untuk mengundang 4.000 penonton konser. Walaupun begitu, belum ada agensi grup K-Pop yang mengumumkan konser langsung. Dream Concert yang tadinya diisukan akan diadakan secara langsun pun masih memilih untuk melakukannya secara virtual.

Acara-acara musik yang ditayangkan di TV seperti Music Bank juga sudah diperbolehkan untuk memiliki audiens, namun mereka tidak boleh berdekatan satu sama lain dan juga dengan panggung. Selain itu, mereka harus mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan tidak diperbolehkan untuk mengeluarkan suara sama sekali.

Fansign yang selama setahun ini diadakan melalui panggilan video juga sudah mulai kembali diadakan secara langsung. Grup ITZY mengadakan fansign offline mereka pada akhir bulan Mei lalu. Meja antara member dipisah dan ada batasan kaca antara mereka dan juga penggemar.

Vaksinasi di Korea Selatan memberikan harapan bagi idola dan juga penggemar mereka. Beberapa grup seperti txt dan NCT Dream mengatakan mereka ingin segera melakukan tur konser ke seluruh dunia jika keadaan sudah memungkinkan. (dd)