Fans Minta BTS Dibebaskan dari Wajib Militer Korea Selatan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Grup K-Pop BTS baru saja ditunjuk oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in sebagai utusan khusus presiden untuk diplomasi publik, oleh karena itu, para penggemar meminta agar semua anggotan band dibebaskan dari tugas wajib militer.

Seorang penggemar BTS mengajukan petisi yang meminta agar semua anggota dibebaskan dari kewajiban militer karena kontribusi besar mereka terhadap Korea Selatan, termasuk usaha BTS untuk mengembangkan citra global Korea Selatan.

Dalam petisi yang diunggah pada tanggal 16 Juli, pembuat petisi menunjukkan bahwa BTS memiliki empat lagu yang menduduki puncak Billboard chart, yaitu Dynamite, Life Goes On, Butter, dan lagu terbaru mereka, Permision to Dance. Namun, Administrasi Tenaga Kerja Militer telah memutuskan untuk memberikan penundaan tugas wajib militer mereka. Pembuat petisi mengatakan perlakuan kepada BTS ini tidak adil, mengingat atlet-atlet dibebas tugaskan hanya dengan "duduk di bangku cadangan".

Petisi tersebut hingga saat ini sudah ditandatangani lebih dari 13.000 orang.

Semakin banyak dukungan yang menyuarakan untuk BTS dibebaskan dari kewajiban militer setelah mereka dipilih menjadi utusan khusus presiden pada tanggal 21 Juli. Sebagai utusan khusus, para anggota mengikuti rapat-rapat internasional seperti Majelis Umum PBB pada bulan September.

Saat ini, pria yang sehat dan bernasionalitas Korea Selatan harus mengikuti wajib militer selama kurang lebih 18 hingga 22 bulan, namun atlet-atlet dan seniman-seniman yang memenangkan kompetisi internasional bisa dibebaskan dari kewajiban jika mereka memberikan kontribusi terhadap reputasi Korea Selatan di luar negeri.

Anggota BTS tidak pernah meminta untuk dibebaskan dari kewajiban militer. Dalam sebuah konferensi pers pada bulan November tahun lalu, mereka mengatakan akan menuruti panggilan negara kapan saja dan mereka menganggap kewajiban militer sebagai tanggung jawab mereka.