FIFA Wacanakan Pergantian 5 Pemain Di Piala Dunia 2022 Qatar

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta - Induk sepak bola dunia, FIFA, bekerja sama dengan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), berencana untuk menerapkan pergantian lima pemain pada Piala Dunia 2022 Qatar.

Piala Dunia edisi ke-22 akan berlangsung di Qatar dari 21 November sampai 18 Desember 2022. Qatar yang bertindak sebagai tuan rumah menyediakan delapan stadion di lima kota berbeda.

Sebanyak 32 tim telah berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Timnas Jerman menjadi tim pertama yang lolos ke Piala Dunia lewat jalur kualifikasi, sedangkan Timnas Kosta Rika merupakan tim terakhir.

Sebelumnya FIFA sudah mengemukakan sejumlah perubahan regulasi. Satu di antaranya adalah mengenai penambahan jumlah pemain dari sedianya 23 pemain menjadi maksimal 26 pemain.

Wacana mengenai penerapan lima pergantian pemain di Piala Dunia 2022 sudah beredar lama. Namun, FIFA masih mengaji hal ini dengan para stakeholder.

FIFA juga akan bekerja sama dengan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) agar regulasi ini bisa direalisasikan.

Selain karena cuaca panas di Qatar, pandemi COVID-19 juga jadi alasan dikemukakannya wacana ini.

FIFA sebelumnya sudah menerima 27 juta permintaan tiket Piala Dunia dengan 1,2 juta tiket saat ini sudah terjual.

Adapun permintaan tiket datang dalam jumlah terbesar dari Argentina, Brasil, Inggris, Prancis, Meksiko, Qatar, Arab Saudi, dan Amerika Serikat.

"Saya pikir sekitar 1,2 juta tiket telah dibeli," kata Al Thawadi, dilansir Gulf Times, Kamis (25/6/2022).

"Jadi orang benar-benar membeli dan orang-orang bersemangat untuk datang ke ke Piala Dunia. Tidak ada keraguan tentang itu," jelasya. (bola.com)