nusakini.com - Internasional - Dua jet tempur MiG-31 Rusia diduga melanggar wilayah udara Finlandia di dekat kota pesisir Porvoo di Teluk Finlandia.

Pelanggaran yang diduga terjadi pada pukul 06:40 GMT pada hari Kamis (18/8) dan jet-jet itu menuju ke barat, kata kepala komunikasi kementerian pertahanan Kristian Vakkuri, menambahkan bahwa pesawat itu berada di wilayah udara Finlandia selama dua menit.

"Kedalaman dugaan pelanggaran ke wilayah udara Finlandia adalah satu kilometer," kata Vakkuri tetapi dia tidak menjelaskan apakah pesawat itu dikawal keluar.

Angkatan udara Finlandia mengirim "misi penerbangan operasional" dan mengidentifikasi jet MiG-31 dan Penjaga Perbatasan meluncurkan penyelidikan atas pelanggaran tersebut.

Insiden itu terjadi ketika Finlandia mencari keanggotaan NATO setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Finlandia, yang berbagi perbatasan timur 1.300 km (800 mil) dengan Rusia, membalikkan dekade non-blok militer dengan mencari keanggotaan dalam aliansi Atlantik Utara pada Mei, setelah diguncang oleh serangan Moskow di Ukraina.

Dinas Keamanan dan Intelijen Finlandia memperingatkan pada bulan Mei bahwa "Rusia memiliki keinginan" untuk mempengaruhi proses aplikasi NATO di Finlandia, dan "berbagai upaya untuk melakukannya diharapkan".

Semua 30 anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) harus setuju jika Finlandia dan Swedia, yang secara resmi tidak bersekutu tetapi merupakan mitra lama aliansi, diterima. Pengesahan bisa memakan waktu hingga satu tahun.

Aksesi Finlandia dan Swedia ke NATO akan menandai salah satu perubahan terbesar dalam keamanan Eropa dalam beberapa dekade dan semakin meningkatkan isolasi strategis Rusia.

Menurut daftar NATO, tujuh negara anggota belum secara resmi menyetujui entri ganda baru: Republik Ceko, Yunani, Hongaria, Portugal, Slovakia, Spanyol, dan Turki.

Turki telah mengajukan tantangan menuntut konsesi tertentu dari Finlandia dan Swedia untuk mendukung keanggotaan mereka. Ankara telah menuntut ekstradisi lusinan penentang pemerintah yang diberi label "teroris" dari kedua negara sebagai imbalan atas dukungannya. (aljazeera/dd)