Gelar Munas Perdana, Forum Pembina Bahas Pengembangan Pramuka PTKIN

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Forum Pembina Pramuka Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) menggelar musyawarah nasional untuk kali pertama. Munas digelar secara daring, 17 - 18 Oktober 2020, dan diikuti para dosen PTKIN yang menjadi pembina pramuka di masing-masing kampusnya.

Munas mengagendakan konsolidasi pengurus dan gugus depan (gudep), evaluasi program, dan sejumlah persoalan terkini terkait gerakan pramuka di PTKIN. Munas I ini dibuka Diektur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Suyitno secara virtual.

Di hadapan ratusan peserta Munas I, Suyitno menyampaikan harapannya, agar para pembina ikut berpartisipasi mensukseskan gelaran Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) ke XV yang akan digelar di UIN Raden Fatah Palembang tahun 2021. Suyitno juga berharap PWN Palembang dapat diikuti perwakilan scot dari luar negeri, minimal di Asia Tenggara.  

“Pramuka Luar Negeri biasanya sangat responsif menerima undangan dari Indonesia, karenanya bekerjasama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menjadi keharusan,” tutur Suyitno. 

Guru Besar UIN Palembang ini berharap agar penyelenggaraan PWN PTK XV menjadi momentum menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia secara fisik dapat melalui pandemi covid dengan baik. “PWN menjadi ajang menunjukan kepada dunia dalam perspektif kesehatan dan pemulihan ekonomi Indonesia,” tegas Suyitno. 

Mantan Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan ini juga berharap Forum Pembina Pramuka PTKI dapat mengembangkan berbagai program, misalnya: meningkatkan kapasitas anggota melalui Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD), Kursus Mahir Tingkat Lanjutan (KML) atau Kursus Pelatih. 

“Jangan sampai ada Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang hidupnya menjelang pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK)”, tandas Suyitno. 

Ketua Forum Pembina Pramuka PTKIN se-Indonesia Nanang Saikhu mengatakan, sedianya Munas Pembina Pramuka akan digelar di Palembang bersamaan pelaksanaan PWN XV. Akan tetapi, karena pandemi Covid-19, perkemahan ditunda sehingga Munas baru dilakanakan saat ini. 

Nanang mengatakan tujuan dibentuknya wadah Forum Pembina adalah untuk memperkuat silaturrahmi dan wahana memecahkan masalah-masalah dalam pengembangan gerakan pramuka di PTKI. 

Ikut mendampingi Direktur Diktis, Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Ruchman Basori, Sekretaris Forum Pembina Lift Anis Ma’shumah dan sejumlah pembina pramuka senior, antara lain: Kak Afif Anshori UIN Raden Intan Lampung, Kak Muflihin IAIN Purwokerto, dan Kak Kamsinah UIN Alauddin Makasar. (p/ab)