Gempa Selandia Baru: Komunikasi Awal, WNI dalam Keadaan Aman

By Admin

nusakini.com--Pada tanggal 14 November pukul 12.02 dini hari waktu setempat, telah terjadi gempa di wilayah Hanmer Spring, North Canterbury, South Island, Selandia Baru dengan kekuatan 7,5 SR. hingga saat ini Pemerintah setempat masih melakukan tsunami warning untuk area pantai. Terdapat 2 (dua) korban jiwa akibat gempa dan sejumlah lainnya luka-luka. 

Berdasarkan komunikasi awal KBRI Wellington dengan masyarakat Indonesia, diperoleh informasi bahwa masyarakat disekitar gempa (Christchurch, Dunedin, Invercargill, dan Nelson) dalam keadaan aman. KBRI terus melakukan komunikasi dengan WNI yang tinggal di kota terdekat dengan pusat gempa (Kaikoura) mengingat masih terus adanya gempa susulan. 

Dari data KBRI Wellington, terdapat sekitar 4000 WNI di Selandia Baru dengan perincian 2138 orang di Auckland, 230 orang di Christchurch, 40 orang di Dunedin, 15 orang di Invercargill, dan 30 orang di Nelson. WNI di Selandia Baru rata-rata berprofesi sebagai tenaga professional, mahasiswa, serta bekerja di peternakan dan perkebunan. 

KBRI Wellington terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan otoritas setempat serta jaringan masyarakat Indonesia di Selandia Baru untuk mengikuti perkembangan situasi pasca gempa karena masih adanya gempa susulan.(p/ab)