Gubernur California Deklarasikan Keadaan Darurat untuk Wabah Cacar Monyet

By Nad

nusakini.com - Internasional - Gubernur California Gavin Newsom pada hari Senin (1/8) mengumumkan keadaan darurat untuk meningkatkan upaya vaksinasi cacar monyet California ketika virus menyebar secara nasional.

Deklarasi tersebut muncul karena lebih dari 5.800 kemungkinan atau dikonfirmasi kasus cacar monyet telah dilaporkan di Amerika Serikat, termasuk hampir 800 di California.

Sementara Organisasi Kesehatan Dunia telah menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, pemerintahan Biden belum mengeluarkan deklarasi darurat kesehatan masyarakat nasional.

California sekarang menjadi yang ketiga -- setelah New York dan Illinois -- dan negara bagian AS terbesar yang mengeluarkan deklarasi di seluruh negara bagian terkait penyakit tersebut.

Deklarasi tersebut memungkinkan personel layanan medis darurat di seluruh California untuk memberikan vaksin cacar monyet yang disetujui FDA, memperluas kumpulan orang yang dapat memvaksinasi penduduk terhadap virus bahkan ketika kekurangan vaksin terus berlanjut.

Pernyataan darurat mengatakan bahwa "memperluas kumpulan vaksinator yang memenuhi syarat akan secara substansial membantu upaya saat ini dan mendukung upaya vaksinasi lebih lanjut yang diantisipasi setelah menerima dosis tambahan dari pemerintah federal."

"California bekerja mendesak di semua tingkat pemerintahan untuk memperlambat penyebaran cacar monyet, memanfaatkan pengujian kami yang kuat, pelacakan kontak, dan kemitraan masyarakat yang diperkuat selama pandemi untuk memastikan bahwa mereka yang paling berisiko adalah fokus kami untuk vaksin, pengobatan, dan penjangkauan," Newsom mengatakan dalam rilis berita.

Monkeypox adalah virus cacar, terkait dengan cacar, yang biasanya menyebabkan lesi seperti jerawat atau melepuh, serta gejala seperti flu seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, kedinginan, dan gejala pernapasan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Virus ini dapat menyebar ke siapa saja melalui kontak dekat, sering kali dari kulit ke kulit, menurut CDC. Mungkin juga orang terkena cacar monyet dari hewan yang terinfeksi.

California telah menerima lebih dari 61.000 dosis vaksin sejauh ini dan mendistribusikan lebih dari 25.000, menurut rilis berita gubernur. Los Angeles County telah menerima alokasi vaksinnya sendiri dan pejabat negara bagian mengatakan California akan membuat alokasi tambahan dalam beberapa minggu mendatang.

Pekan lalu, San Francisco menjadi kota besar AS pertama yang mendeklarasikan darurat kesehatan lokal pada cacar monyet.

"Kami akan terus bekerja dengan pemerintah federal untuk mengamankan lebih banyak vaksin, meningkatkan kesadaran tentang pengurangan risiko, dan mendukung komunitas LGBTQ melawan stigmatisasi," kata gubernur California.

California telah menggunakan pengujian, pelacakan kontak, dan infrastruktur vaksin yang dibangun untuk pandemi Covid-19 untuk sekarang menanggapi wabah cacar monyet, kata kantor Newsom.

CDC telah menyediakan obat resep antivirus tecovirimat untuk pasien cacar monyet yang berisiko terkena penyakit parah, tetapi aksesnya terbatas di California. Sekarang, perawatan dapat diberikan di lebih dari 30 fasilitas dan penyedia di seluruh negara bagian, kata para pejabat. (cnn/dd)